Catat Sejarah, India Puji Kamala Harris

 



BERITATOTOKITA.INFO - Warga menyalakan petasan di rumah leluhur Kamala Harris pada Minggu (8/11). Petasan tersebut sebagai tanda India merayakan kemenangan wakil presiden terpilih dalam pemilihan AS.

Di desa Thulasendrapuram di negara bagian Tamil Nadu, yang pernah menjadi rumah bagi kakek dari pihak ibu Harris, P.V. Gopalan, perayaan pecah dengan orang-orang menyalakan petasan, berdoa di kuil dan melambaikan poster yang bertuliskan wajah wakil presiden terpilih.


Wanita di desa membuat rangoli, sebuah karya seni rakyat berwarna-warni yang digambar di tanah dengan kata-kata "Selamat untuk Kamala Harris".


"Ini merupakan kebanggaan bagi seluruh kaum wanita," kata ibu rumah tangga Arul Mozhi Sudhakar kepada AFP.


Paman Harris, akademisi Balachandran Gopalan, mengatakan mendiang saudara perempuannya akan bangga dengan putrinya. Gopalan pun mengungkap seluruh keluarga besar akan berkumpul di Washington dari seluruh Amerika Serikat dan dari India, Kanada, hingga Meksiko untuk menyaksikan pelantikan bersejarahnya.


"Ibunya akan sangat senang. Dia akan meminta Kamala untuk melanjutkan apa yang dia lakukan," kata akademisi berusia 79 tahun itu kepada AFP.


Prestasi seumur hidup keponakannya, dia juga jaksa agung kulit hitam pertama California dan wanita pertama keturunan Asia Selatan yang terpilih menjadi anggota Senat AS akan menjadi inspirasi bagi imigran India-Amerika lainnya."


"Banyak anak-anak (India-Amerika) yang sebelumnya tertarik pada kontes Spelling Bee tahunan sekarang akan tertarik dengan politik AS," gurau dia.


Gopalan mengatakan dia memiliki harapan lebih lanjut untuk keponakannya yang berbakat - termasuk pencalonan presiden.


Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Catat Sejarah, India Puji Kamala Harris | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita