6 Tips Tidur Akan Lebih Nenyak Dan Berefek Turunkan Berat Badan


BERITATOTOKITA.INFO -  Kualitas tidur dapat jadi salah satu penentu suksesnya program penurunan berat badan. Tidur diketahui dapat membantu menurunkan berat badan lewat beberapa cara.

Mengutip laman Sleep Scope, sejumlah peneliti telah memperlihatkan hubungan antara kurang tidur dan peningkatan rasa lapar yang bisa berujung pada penambahan berat badan. Saat tubuh kurang tidur, seseorang akan cenderung mengonsumsi makanan tidak sehat.Orang yang memiliki tidur berkualitas rata-rata ditemukan berhasil dalam menjalankan program penurunan berat badan. Untuk itu, jaga-lah selalu kualitas tidur jika Anda ingin mencapai berat badan ideal yang diinginkan.

Setiap orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-9 jam setiap malam. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas demi membantu menurunkan berat badan, mengutip Today.

1. Olahraga atau aktivitas fisik

Lakukan 10 kali squat sebelum tidur. Atau, Anda juga bisa mencoba dengan sekadar berjalan kaki di sekitar rumah yang dilanjutkan dengan push-up selama lima menit.

2. Lakukan yoga sebelum tidur

Pose yoga tertentu dapat membantu menenangkan dan meredakan pikiran dari kecemasan dan ketegangan. Berikut beberapa pose yoga untuk tidur yang lebih berkualitas

3. Jaga suhu kamar dan tidur dalam kondisi gelap

Suhu kamar dan kondisi ruangan berpengaruh terhadap kualitas tidur. Studi menemukan, tidur dalam suhu kamar sekitar 19 derajat Celcius dapat membantu membakar lemak dalam tubuh hingga 42 persen dan meningkatkan metabolisme sebesar 10 persen.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk tidur dalam kondisi pencahayaan yang gelap.

4. Jangan konsumsi minuman beralkohol sebelum tidur

Koktail malam mungkin terasa menggoda. Namun, konsumsi alkohol terlalu dekat dengan waktu tidur dapat menghalangi kemampuan tubuh membakar kalori.Pasalnya, alih-alih berfokus pada pembakaran lemak sebagaimana mestinya, tubuh malah sibuk mencerna alkohol.

5. Makan malam terlalu larut

Makan malam besar yang terlalu dekat dengan waktu tidur akan menghabiskan energi tubuh untuk mencoba mencerna, alih-alih detoksifikasi atau mengisi ulang energi.Daripada makan malam dalam porsi besar, warnai malam Anda dengan menu-menu ringan seperti buah.

6. Singkirkan barang elektronik

Untuk menurunkan berat badan dengan tidur, singkirkan semua perangkat elektronik. Penelitian menunjukkan, paparan sinar biru pada malam hari dapat mengganggu produksi melatonin yang dibutuhkan tubuh untuk mendorong tidur.Selain itu, studi lain juga menemukan, paparan sinar biru dapat meningkatkan rasa lapar dan resistensi insulin, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.


Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

6 Tips Tidur Akan Lebih Nenyak Dan Berefek Turunkan Berat Badan | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita