Buron Hampir 2 Tahun, Tersangka Dugaan Korupsi Pertamina Cilacap Ditangkap

Buron Hampir 2 Tahun, Tersangka Dugaan Korupsi Pertamina Cilacap Ditangkap


Kejaksaan Negeri Cilacap menangkap AY (49), tersangka kasus dugaan korupsi di Pertamina Marine Region IV Cilacap pada 2018. Tersangka yang sudah buron 23 bulan, ditangkap di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Tersangka Kasus Korupsi Pertamina Marine Cilacap Pernah Jadi ...

Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap Tri Ari Mulyanto memberikan keterangan pers, terkait penangkapan tersangka dugaan korupsi di Pertamina, Selasa (4/8/2020) malam.

BERITATOTOKITA.INFO - Kejaksaan Negeri Cilacap, Jawa Tengah, bekerja sama dengan sejumlah pihak, termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi, Selasa (4/8/2020) menangkap AY (49), tersangka kasus dugaan korupsi di Pertamina Marine Region IV Cilacap pada 2018. AY yang diduga merugikan negara Rp 4,3 miliar, telah buron selama 23 bulan dan ditangkap di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Yang bersangkutan ditangkap di rumahnya sekitar pukul 15.00 di Gamping, Sleman,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap Tri Ari Mulyanto dalam jumpa pers, Selasa malam.

Tri menyampaikan, pada 2018, tersangka AY menjabat sebagai Senior Supervisor Marine Administration di Marine Pertamina Refinery Unit IV Cilacap. Pada Mei-Juni 2018, yang bersangkutan diberi kekuasaan sebagai pemegang cash credit untuk pengelolaan dana, salah satunya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) pelabuhan. Dalam satu tahun, nilai PNBP pelabuhan diperkirakan mencapai Rp 24 miliar, dengan batas per bulan Rp 2,2 miliar.


Menurut Tri, penyidikan kasus tersebut dimulai sejak 25 September 2018 oleh Kejari Cilacap. Namun dalam prosesnya, penyidikan terhenti karena tersangka ditetapkan dalam daftar pencarian orang (DPO). Proses penyidikan pun diperpanjang pada 7 Juli 2020.

Tim Kejaksaan Negeri Cilacap membawa tersangka dari Yogyakarta menggunakan mobil jenis minibus warna hitam dengan pelat merah bernomor polisi R 9509 BK. Rombongan tiba di halaman Kejaksaan Negari Cilacap sekitar pukul 20.30.

Tersangka pun langsung dibawa masuk ke ruangan dan diperiksa kesehatannya, serta mendapatkan pendampingan dari pengacaranya. Tersangka juga menjalani tes cepat Covid-19 dengan hasil non reaktif. Selanjutnya, tersangka ditahan di LP Cilacap.

Dihubungi secara terpisah, Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Refinery Unit IV Cilacap Hatim Ilwan, mengapresiasi serta menghormati proses hukum yang telah dilakukan kejaksaan. Tersangka AY pun sudah lama dipecat dari Pertamina.

Kasus tersebut, lanjut Hatim, sudah lama ditelusuri oleh tim Kejaksaan Negeri Cilacap, sehingga pihaknya mengapresiasi penangkapan AY kali ini. Ia menambahkan, pihak Pertamina akan mengikuti aturan sesuai prosedur hukum yang berlaku.




Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment
Buron Hampir 2 Tahun, Tersangka Dugaan Korupsi Pertamina Cilacap Ditangkap | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita