Penampakan Gurita Terdalam Dunia Ditemukan di Samudera Hindia



BERITATOTOKITA.INFO - Sekelompok ilmuwan menemukan penampakan gurita terdalam di dunia terekam dalam sistem kamera otonom dari kapal yang dilepaskan di dasar laut. Rekaman gurita ini didapati di pada kedalaman hampir 4,3 mil atau sekitar 6.920 meter.



Kelompok Ekspedisi Lima Jauh yang terdiri atas para ilmuwan mendapatkan tangkapan gurita itu setelah satu setengah tahun menjelajahi dasar laut.



"Seperti biasa, kami merekam banyak hal yang sama [dalam ekspedisi]. Tapi kemudian tiba-tiba di tengah penyelaman sekitar 6.000 meter, gurita Dumbo ini hanya terbang dengan kamera," jelas Ahli Ekologi Laut, Alan Jamieson yang memimpin tim ekspedisi .



Para ilmuwan menduga gurita yang ditemukan merupakan spesies baru dari Grimpoteuthis atau dumbo octopus, genus dari gurita payung laut dalam. Nama ini diberikan karena sirip gurita menyerupai telinga karakter gajah di kartun Disney, Dumbo.


Dua hari kemudian, lanjut Jamieson, mereka kembali menyelam di kedalaman 7 ribu meter. Kameranya saat itu hanya menangkap gambar selama empat menit.


"Dan benda ini [gurita] keluar dari kegelapan, merangkak ke kamera. Yakni dumbo octopus yang lainnya," ia bercerita.


Jamieson lantas mengatakan, ini merupakan penampakan gurita dengan kedalaman terbaru dalam catatan dunia. Menurut pengalamannya, ia banyak menemukan spesies baru ketika menyelami dasar laut.


Sementara pengamatan tim ahli, dumbo octopus memiliki panjang 14 sampai 17 inci dan dapat hidup di kedalaman 5,760 meter dan 6.957 meter.


Jamieson pun berharap penemuan ini mampu mengubah persepsi masyarakat terkait mahluk di laut dalam, yang kerap dianggap sebagai monster yang menakutkan.



"Ini hanya gurita kecil yang lucu melakukan apa yang gurita lakukan. Tidak ada yang aneh tentang hal itu," tambah dia lagi.






Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment
Penampakan Gurita Terdalam Dunia Ditemukan di Samudera Hindia | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita