Penyebab Stress, Gejala, dan Cara Menanganinya

Stres Dan Depresi : Ini Perbedaanya - BanyakCakap.com

BERITATOTOKITA.INFO -   penyebab stress adalah berbagai masalah yang terjadi dalam kehidupan. Stress kerap kali dipicu oleh tekanan batin, seperti masalah keluarga, hubungan sosial, patah hati, cinta tak berbalas, atau masalah keuangan. Selain itu, stress juga bisa dipicu oleh penyakit yang diderita. 

stress adalah sebuah tekanan psikologis dan fisik yang bereaksi ketika menghadapi situasi yang dianggap berbahaya. Dengan kata lain, stress merupakan cara tubuh kamu menanggapi jenis tuntutan, ancaman, atau tekanan apa pun.


Faktor penyebab stress perlu diketahui agar bisa segera ditangani. Apalagi, stress memang cukup sulit dihindari. Bila tidak segera diatasi dan berlangsung lama, stress dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Pengertian Stress.




Sebelum mengenali berbagai faktor penyebab stress, kamu tentunya perlu memahami apa itu stress terlebih dahulu. Stress adalah reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan. Stress juga dapat terjadi karena situasi atau pikiran yang membuat seseorang merasa putus asa, gugup, marah, atau bersemangat.


Situasi ini memicu respon tubuh secara fisik ataupun mental. Respon tubuh terhadap stress dapat berupa napas dan detak jantung menjadi cepat, otot menjadi kaku, hingga tekanan darah meningkat.

Walaupun begitu, kondisi ini tidak selalu membawa efek buruk dan umumnya hanya bersifat sementara. Stress akan berakhir saat kondisi yang menyebabkan tekanan tersebut dilewati.

Namun, stress yang berkepanjangan dapat mengganggu kesehatan fisik serta melemahkan daya tahan tubuh. Selain itu, stress juga dapat menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan, sistem reproduksi, dan gangguan tidur.

Setiap orang, termasuk anak-anak, bisa mengalami stress. Selain itu, memiliki anggota keluarga yang mudah mengalami stress, juga dapat membuat seseorang lebih mudah mengalami stress.

Faktor Penyebab Stress.

Faktor penyebab stress pada setiap orang tentunya berbeda-beda. Saat seseorang menghadapi daktor penyebab stress, tubuh akan bereaksi secara alami dengan melepas hormon yang dinamakan kortisol dan adrenalin.

Reaksi ini sebenarnya baik untuk membantu seseorang menghadapi situasi yang berbahaya atau mengancam, sehingga bisa keluar dari situasi tersebut. Berikut beberapa faktor penyebab stress yang perlu diketahui
- Faktor penyebab stress karena masalah kesehatan, seperti menderita suatu penyakit yang berat atau sulit disembuhkan.

- Faktor penyebab stress karena masalah keluarga, seperti bertengkar dengan pasangan, tak kunjung hamil saat sudah cukup lama menikah, akan menikah atau bercerai, khawatir tidak mampu merawat anak, diusir dari rumah

- Faktor penyebab stress karena pekerjaan, seperti beban di tempat kerja, hubungan yang tidak baik dengan atasan, bahkan saat akan menjalani wawancara pekerjaan atau karena tidak memiliki pekerjaan.

- Faktor penyebab stress karena masalah kehidupan sosial, seperti menjadi korban pelecehan, menjalani proses peradilan.

Dengan mengetahui berbagai faktor penyebab stress tersebut, kamu seharusnya segera mengambil tindakan atau penanganan yang tepat. Jika dibiarkan berlarut-larut, stress dapat memengaruhi kesehatan.



























Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment
Penyebab Stress, Gejala, dan Cara Menanganinya | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita