Cara Mengatasi Gatal Karena Ulat Bulu, Jangan Panik


BERITATOTOKITA.INFO -   karena ulat bulu tidak boleh disepelekan begitu saja. Hal ini dikarenakan bulu ulat bulu mengandung racun khusus yang digunakan untuk mempertahankan diri dari pemangsanya. Untuk itu, kamu perlu mengenali berbagai pertolongan yang tepat alam hal ini.


Meskipun ukurannya kecil, ulat bulu memberikan dampak yang tentunya sangat mengganggu saat terkena bulunya. Mulai dari gatal, geli, perih, bentol, bahkan hingga menimbulkan ruam dapat terjadi saat kulitmu menyentuh ulat bulu. 


cara mengatasi gatal karena ulat bulu perlu dilakukan dengan saksama. Kamu harus melakukan penanganan yang tepat sebelum mengobati rasa gatal atau keracunan. Pertolongan pertama saat terkena ulat bulu adalah tindakan yang paling penting agar tidak terjadi bahaya.


Pertolongan Pertama saat Terkena Ulat Bulu

Cara mengatasi gatal karena ulat bulu bisa segera disembuhkan. Proses penyembuhan dipengaruhi oleh spesies ulat, sistem imun tubuh, pertolongan pertama yang diberikan, hingga seberapa parah kontak kulit dengan ulat bulu.

Berikut cara mengatasi gatal karena ulat bulu:

- Kompres bagian kulit yang gatal atau sakit dengan es batu yang dibungkus kain lembut. Diamkan selama 15-20 menit. Ulangi terus setiap satu jam sampai Anda merasa lebih nyaman.

- Jika kompres air es tak berpengaruh bisa dengan mengoleskan krim yang mengandung antihistamin. Namun bila keadaan sangat serius bisa konsumsi antihistamin oral dan segera ke dokter.

- Kamu juga bisa menggunakan soda kue untuk meredakan gatal dan mencegah gatal menyebar. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan soda kue dengan satu hingga dua sendok makan air hangat, kemudian aduk campuran itu hingga menjadi pasta hatta oleskan ke kulitmu yang gatal

- Jangan menggaruk kulit yang gatal. Menggaruk hanya akan menimbulkan luka dan infeksi lantaran jaringan kulit sedang bermasalah.

- Minum obat alergi misalnya cetirizine dan diphenhydramine.  

- Minum obat pereda nyeri misalnya ibuprofen atau paracetamol.


Bagi kamu yang memiliki alergi, sebaiknya segera ke dokter. Sebab, meskipun sebenarnya racun ulat bulu tidak berbahaya, orang yang memiliki alergi sangat mungkin akan terkena dampak lain selain gatal, seperti pusing hingga sesak napas.

Itulah beberapa cara mengatasi gatal karena ulat bulu yang bisa kamu terapkan.


Tips Mencegah Terkena Ulat Bulu

Selain cara mengatasi gatal karena ulat bulu, kamu juga bisa mengikuti cara mencegah terkena ulat bulu. Hal ini tentunya perlu diketahui orang-orang yang beraktivitas di hutan.

Berikut tips mencegah terkena ulat bulu:

Pertama, jangan meletakkan baju, handuk, sarung, dan pakaian lainnya pada cabang atau ranting pohon. Ketika sedang melakukan kegiatan outdoor seperti berkemah, sebaiknya, hindari melakukan hal-hal ini, mengingat ulat biasa tinggal di pepohonan, baik itu di batang, daun, maupun buah.

Kedua, jika terpaksa, hindari ulat bulu dengan mengibas-ngibaskan pakaianmu kuat-kuat. Ini juga berlaku untuk kamu yang menjemur baju di rumah. Sebelum diangkat, kibaskan jemuranmmu untuk memastikan tidak ada ulat atau bulu ulat yang menempel.

Ketiga, jangan bertelanjang dada di bawah pohon. Untuk kamu yang senang melakukan kegiatan di alam bebas, usahakan untuk selalu berpakaian lengkap dan 

tertutup.Keempat,bila kamu terkena ulat bulu, segera lakukan pertolongan pertama.









 













Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Cara Mengatasi Gatal Karena Ulat Bulu, Jangan Panik | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita