7 Makanan Penurun Gula Darah Penderita Diabetes

        7 Makanan Penurun Gula Darah  Penderita Diabetes

BERITATOTOKITA.INFO - Makanan penurun gula darah secara cepat sangat diperlukan pada saat kadar gula darah pada tubuh terlalu tinggi. Bagi orang yang menderita gula darah tinggi atau orang dengan penyakit diabetes, sangat tidak disarankan untuk sembarangan mengonsumsi makanan.

Para penderita gula darah tinggi atau diabetes tentunya harus mengetahui apa saja makanan penurun gula darah secara cepat. Mengetahui apa saja makanan penurun gula darah secara cepat ini akan sangat berguna agar kadar gula dalam darah selalu terjaga.

Berbagai macam makanan penurun gula darah secara cepat sebenarnya sangat mudah untuk ditemukan. Ada berbagai makanan penurun gula darah secara cepat seperti berbagai macam buah dan sayuran yang tentunya sangat tidak sulit untuk ditemukan, baik di toko atau supermarket. Ada baiknya apabila Anda selalu mempersiapkan makanan penurun gula darah secara cepat ini sebagai persediaan di rumah.

Lalu apa saja ragam jenis makanan penurun gula darah secara cepat yang dapat dikonsumsi penderita diabetes? Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber berbagai macam makanan penurun gula darah secara cepat.


1.APEL


Apel adalah salah satu makanan penurun gula darah secara cepat bagi penderita diabetes yang sangat baik dan juga mudah untuk ditemui di berbagai toko buah. Makanan penurun gula darah secara cepat ini memiliki kandungan sebesar 21 gram karbohidrat dan 77 kalori. Makanan penurun gula darah secara cepat ini juga kaya akan serat dan makanan penurun gula darah secara cepat ini juga menjadi sumber vitamin C yang sangat baik untuk tubuh.

Makanan penurun gula darah secara cepat ini juga mengandung indeks glikemik yang sangat rendah, yaitu dibawah 55, sehingga sangat baik bagi penderita diabetes. Disarankan memakan apel beserta kulitnya, karena kulit apel memiliki kandungan nutrisi dan antioksidanpaling banyak yang penting bagi tubuh.


2. Bawang putih


Salah satu makanan penurun gula darah secara cepat ini biasanya dipakai sebagai bumbu masakan yang mengandung manfaat tinggi bagi kesehatan tubuh. Makanan penurun gula darah secara cepat ini dapat mengurangi peradangan, kolesterol, dan menurunkan kadar gula darah pada penderita penyakit diabetes tipe 2. Pada satu siung bawang putih mentah, kalorinya hanya sebesar 4 kalori dan karbohidrat hanya sebesar 1 gram.

3. Brokoli

Makanan penurun gula darah secara cepat ini merupakan sayuran yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Brokoli dapat membantu menurunkan kadar insulin dan melindungi tubuh dari radikal bebas yang berbahaya sehingga dapat menurunkan metabolisme pada tubuh. Makanan penurun gula darah secara cepat ini adalah salah satu makanan yang rendah karbohidrat sehingga makanan ini dapat membantu untuk menurunkan gula bagi penderita penyakit diabetes.

4.Jeruk
Jeruk merupakan pilihan makanan penurun gula darah secara cepat yang baik untuk penderita diabetes. Selain itu makanan penurun gula darah secara cepat ini juga sangat mudah didapatkan di toko buah pada umumnya. Selain kandungan pada jeruk yaitu asam folat dan kalium yang dapat membantu menormalkan tekanan darah, jeruk juga memiliki kandungan akan vitamin C yang sangat banyak.

Jeruk juga termasuk buah dengan indeks glikemik yang sangat rendah, dimana indeks glikemik pada jeruk yaitu di bawah 55, sehingga menjadikannya sebagai salah satu buah makanan penurun gula darah secara cepat yang baik untuk dikonsumsi.

5. Yogurt

Makanan penurun gula darah secara cepat selanjutnya yaitu yogurt. Dengan mengonsumsi yogurt tawar setiap hari, dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Yogurt merupakan makanan yang rendah akan kandungan gula sehingga cocok jika dijadikan makanan penurun gula darah secara cepat.

6. Kayu manis


Makanan penurun gula darah secara cepat ini mungkin lebih sering dijadikan bahan pelengkap pada makanan. Kayu manis adalah bumbu yang sangat lezat dengan kandungan antioksidan yang kuat. Kayu manis juga dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kadar insulin

pada tubuh.
Kayu manis dapat meningkatkan kontrol terhadap gula darah, lalu meningkatkan sensitivitas pada insulin, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida pada penderita diabetes tipe 2. Pasien diabetes tipe 2 yang sering mengonsumsi kayu manis dalam kurun waktu 90 hari, dapat mengurangi kandungan hemoglobin A1c lebih dari dua kali lipat. Oleh sebab itu tidak ada salahnya Anda memasukkan makanan penurun gula darah secara cepat berupa kayu manis ini pada daftar belanjaan Anda.

7. Ceri

Makanan penurun gula darah secara cepat selanjutnya yaitu buah ceri. Anda dapat mengonsumsi buah ceri untuk membantu mengatur kadar gula darah tubuh Anda. Buah ceri banyak mengandung kalium dan antioksidan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Ceri juga mengandung polifenol dan vitamin C yang sangat berlimpah. Kedua nutrisi tersebut mampu mencegah peradangan dan mengurangi stres oksidatif, yang dapat memicu komplikasi pada penderita diabetes.

Dari berbagai macam makanan penurun gula darah secara cepat di atas memang semuanya aman dikonsumsi penderita gula darah tinggi dan penderita diabetes. Namun, pastikan Anda mengonsumsi makanan tersebut dengan takaran yang tidak berlebihan.





Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

7 Makanan Penurun Gula Darah Penderita Diabetes | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita