5 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa, Tetap Bugar

5 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa, Tetap Bugar

Vitamin Penambah Daya Tahan Tubuh | OTC Digest 

BERITATOTOKITA.INFO - Cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa dilakukan dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan pola tidur yang sehat. Selain itu, berolahraga dengan teratur sesuai porsinya dan mengelola stres juga bisa dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. 

Saat puasa, sistem kekebalan tubuh mungkin akan menurun karena kurangnya asupan makanan dan minuman. Hal ini membuat tubuh akan terasa lemas dan tidak bersemangat. Tentunya kamu tidak ingin ibadah puasa yang kamu jalankan malah membuat aktivitasmu terganggu

Cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa bisa membuat kamu tetap semangat beraktivitas sehari-hari. Dengan memenuhi berbagai nutrisi penting, tidur yang cukup, olahraga secara teratur, dan mengurangi berbagai pemicu stres, kamu dapat mempertahankan, bahkan meningkatkan daya tahan tubuh.

Penuhi Asupan Nutrisi

5 Macam Vitamin untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak 

Cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa yang pertama adalah dengan memenuhi asupan nutrisi penting bagi tubuh. Daya tahan tubuh rentan menjadi lemah saat puasa karena kamu hanya makan dua kali sehari, yaitu pada saat sahur dan berbuka

Memenuhi asupan nutrisi seperti karbohidrat, vitamin C dan zinc sangat penting untuk menjaga sistem imun tubuh tetap sehat.

Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C seperti, buah beri, jeruk, kiwi, apel, pepaya, mangga, brokoli, tomat, kembang kol, dan bayam. Sedangkan, sumber makanan yang mengandung zinc seperti daging ayam, daging sapi, berbagai macam kerang, dan sayuran berdaun hijau.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen yang kaya akan zinc atau vitamin C, untuk menjaga asupan kedua nutrisi tersebut dalam tubuh saat puasa.

Minum Air Putih dengan Cukup

6 Waktu yang Tepat untuk Minum Air Putih Agar Tetap Bugar 

Minum air putih yang cukup juga menjadi salah satu cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa. Kamu diwajibkan untuk menahan haus dari terbitnya fajar hingga waktu berbuka tiba. Dengan begitu, minum air putih yang cukup dan membuat tubuh tetap terhidrasi seharian sangat penting untuk dilakukan.

Untuk memenuhi asupan cairan ini, kamu bisa menerapkan pola 242, yaitu minum dua gelas air putih pada saat sahur, dua gelas saat berpuka puasa dan empat gelas sebelum tidur malam. Dengan begitu, asupan cairan tubuh tetap terpenuhi dengan baik.

Tidur yang Cukup

Berapa Durasi Jam Tidur yang Baik Sesuai Kelompok Usia? Halaman ... 

Cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa berikutnya adalah tidur yang cukup. Kurang tidur dapat meningkatkan hormon stres. Meningkatnya hormon stres ini dapat memicu reaksi peradangan dalam tubuh dan menekan fungsi kekebalan tubuh dalam melawan infeksi sehingga tubuh akan lebih mudah terserang penyakit.

Durasi tidur yang dianjurkan untuk orang dewasa tidak kurang dari tujuh jam. Cobalah untuk mengatur jadwal tidur dan bangun saat puasa, agar tidur menjadi lebih teratur dan kamu dapat menjaga kesehatan kekebalan tubuh.

Jika kamu sempat untuk tidur siang, sebaiknya batasi waktu tidur siang hingga 30 menit dan hindarimelakukannya di penghujung hari. Hal ini dapat mengganggu waktu tidur kamu di malam hari. 

Olahraga Teratur

Aksesoris Ini Wajib Bagi Kamu Yang Hobi Lari, Yuk Buruan Beli ... 

Walaupun sedang berpuas, kamu tetap harus menjalankan olahraga sebagai salah satu cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa. Puasa bukanlah halangan untuk melakukan aktivitas apa pun.

Kamu bisa berolahraga di sore hari sebelum waktu berbuka ataupun setelah berbuka puasa.  Waktu olahraga ini bisa kamu pilih sesuai tujuan yang diinginkan.

Olahraga secara teratur, seperti berjalan kaki setiap hari sekitar 30 menit, dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Jika tidak berolahraga secara teratur, sistem kekebalan tubuh akan mudah lemah. Olahraga juga dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak.

Mengelola Stres

Feeling Stress at Work? Learn to 'Stress Well' | Robert Half 

Stres juga merupakan salah satu faktor menurunnya sistem kerja kekebalan tubuh saat puasa. Sama halnya dengan kurang tidur, stres juga dapat meningkatkan hormon kortisol yang dapat menurunkan daya tahan tubuh

Sebenarnya, stres merupakan hal yang wajar, namun kamu harus bisa mengelolanya dengan baik, jangan sampai berlarut-larut agar kamu tak mudah terserang penyakit saat puasa.

Itulah beberapa cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa yang harus diperhatikan. Walaupun sedang puasa, kamu tetap bisa berkativitas dengan sebagaimana biasanya. Hal ini bisa didapatkan jika kamu bisa menjalankan berbagai cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa.

 




 

 

 

 

 

Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

5 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa, Tetap Bugar | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita