Berasal Dari Kabupaten Purworejo, Seorang Remaja Sukses Ciptakan Robot Untuk Membantu Ibunya Berjualan



BERITATOTOKITA.INFO - Menarik perhatian publik baru-baru ini. Remaja berusia 18 tahun bernama Agung Budi Wibowo ini menciptakan sebuah robot yang otomatis dapat menuangkan telur ke dalam loyang. Alat ini dibuatnyauntuk membantu sang ibunda berjualan telur dadar keliling.Seorang lulusan SMK asal Purworejo Agung, yang ditemui di kediamannya di Dusun Karangtengah, Kelurahan Kledung Karangdalem, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, mengaku terinspirasi dari Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) sebelum terjun ke dunia robotik.


Agung membeberkan, sejak kelas 1 SMK, dia mulai belajar untuk memahami berbagai alat yang berhubungan dengan robot. Menginjak kelas 3 SMK, dirinya sudah membuat alat yang digunakan untuk membantu orang menyiram tanaman."Saat kelas 3 SMK itu saya membuat alat yang diberi nama smart garden. Jadi alat tersebut bisa menyiram tanaman secara otomatis. Alat itu bekerja dengan tiga sensor, antara lain sensor waktu, kelembapan tanah, dan sensor suhu. Sekarang [smart garden] digunakan sekolah saya," jelasnya.




Saat itu ia mempunyai ide untuk membuat sebuah robot untuk membantu ibunya."Ibu saya memiliki gangguan mata yang menyebabkan kesulitan melihat. Parahnya, saat membuat makanan itu dia harus mendekat ke loyang yang dekat dengan minyak panas. Saya khawatir jika nanti minyak mengenai muka dia. Akhirnya saya buat alat penuang telur otomatis," aku Agung.Alat yang diberi nama egg filling robot tersebut sangat membantu sang ibu berjualan. Di samping tak perlu mendekatkan kepalanya ke atas loyang, pendapatannya juga meningkat.


Setelah membuat satu alat itu, Agung berencana membuat egg fillingrobot  versi kedua. Alat tersebut dibuat berbeda, yaitu tak hanya bisa menuang telur olahan, tapi juga sekaligus menuang minyak.Kendati demikian, pihaknya mengaku masih melakukan proses pembuatan, sehingga ke depan alat buatannya bisa memberi bantuan lebih untuk ibunya saat berjualan.











Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Berasal Dari Kabupaten Purworejo, Seorang Remaja Sukses Ciptakan Robot Untuk Membantu Ibunya Berjualan | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita