Mengatasi Masalah Susah Buang Air Besar



PERUT  sembelit adalah keluhan umum yang diakibatkan pola makan dan gaya hidup.

Konstipasi atau sembelit adalah istilah yang sering digunakan untuk menyebut gangguan kesehatan sulit buang air besar. Ekskresi feses yang tidak lancar mungkin terdengar seperti masalah sepele. Namun jika dibiarkan bisa mendatangkan risiko kesehatan yang lebih besar. Apalagi jika konstipasi terjadi begitu sering.


Tanda-tanda orang yang mengalami konstipasi atau sembeli:

* Tinja keras, kering, atau kental

* Tinja terlihat seperti batu kecil atau kelereng

* Rasa sakit dan ketidaknyamanan selama buang air besar

* Perasaan tidak mampu mengosongkan isi perut sepenuhnya

* Kehilangan nafsu makan karena rasa kenyang yang berkelanjutan
perut sedikit bengkak

* Seseorang juga mungkin melihat garis-garis kecil darah merah terang di feses atau di atas kertas toilet setelah dibersihkan.

Cara mengatasi sembelit akut

1 minggu

Cobalah konsumsi makanan dengan sifat osmotik seperti susu. Susu bermanfaat untuk atasi sembelit, karena mengandung magnesium di dalamnya. Makanan ini akan menarik lebih banyak cairan ke dalam usus sehingga akan memperlancar BAB. Namun pastikan bahwa tubuhmu juga terus terhidrasi dengan baik.

1-2 minggu

Dalam kasus seperti ini, kamu perlu obat pencahar stimulan yang akan memacu gerakan otot usus. Jika BAB sudah lancar, kamu harus menghentikan penggunaannya agar tubuh tidak bergantung dengan bantuan obat seperti ini.

Lebih dari 3 minggu

Air besar yang tidak terekskresi lebih dari 3 minggu sudah menjadi hal yang kronis. Kamu perlu pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Cara mengatasi sembelit dengan cepat

Minum sparkling water

Konsumsi cairan dalam jumlah cukup bisa membantu melancarkan pencernaan yang mampet. Terutama sparkling water yang menurut salah satu penelitian bisa membantu lebih baik daripada air biasa.

Tetapi sebaiknya jangan pilih minuman berkarbonasi dengan gula tinggi. Gula berlebih justru bisa menyebabkan sembelit lebih parah.

Konsumsi serat prebiotik

Konsumsi lebih banyak serat, terutama serat prebiotik yang tidak mudah dicerna. Serat prebiotik akan disimpan di dalam usus dan difermentasi, memberi makan bakteri baik yang bertugas melancarkan pencernaan di dalam usus.

Serat prebiotik bisa ditemukan di dalam pisang, bawang merah, bawang putih, kulit apel, dan kacang-kacangan.

Minum kopi

Kafein di dalam kopi akan meningkatkan dorongan untuk buang air besar. Ini karena kemampuan kafein dalam merangsang otot-otot di sistem pencernaan.

Cara mengatasi sembelit pada anak

Berikan si kecil cairan yang cukup terutama air putih. Anak usia 1-3 tahun memerlukan cairan sekitar 1,3 liter perhari.
Pastikan si kecil mendapatkan buah-buahan dan sayuran setiap harinya. Beberapa buah dan sayur untuk meredakan gejala sembelit adalah apel, buah pir, aprikot, kurma, pepaya, brokoli, kubis, kacang polong, selada, dan kembang kol.
Konsumsi pula makanan tinggi kandungan serat lainnya seperti sereal, dan roti gandum utuh.


Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Mengatasi Masalah Susah Buang Air Besar | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita