Manfaat Jagung Untuk Buah Hati


Jagung banyak mengandung nutrisi dan bagi para orang tua yang bingung untuk mencari menu enak untuk di kecil maka jagung bisa di jadiin pilihan bahan yang tepat loh.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), jagung aman untuk bayi, namun jangan menjadikan jagung menu pertamanya. AAP merekomendasikan untuk memberikan makanan pertama yang konvensional, seperti puree buah atau sayuran. Jika itu semua tidak menimbulkan reaksi alergi, maka Mama bisa mulai memberikan jagung. Namun mungkin akan lebih aman untuk memberikan jagung ketika bayi sudah berusia 8 bulan ke atas. 

Untuk mengurangi risiko tersedak saat makan jagung, Baby Center merekomendasikan untuk memberikan jagung yang dihaluskan atau puree jagung, hingga bayi punya gigi atau sudah cukup besar untuk bisa mengunyah biji jagung. Namun jika di keluarga Mama ada yang alergi jagung, maka sebaiknya tunda pemberian jagung hingga anak sudah di atas 12 bulan atau sesuai saran dokter anak. Bayi yang mengalami eksim juga sebaiknya tidak makan jagung, kecuali sudah diizinkan oleh dokter.

1. Mengoptimalkan perkembangan otak

Jagung kaya akan fosfor, potasium, magnesium, dan zat besi. Kandungan fosfor membantu mengoptimalkan kesehatan tulang, potasium dan magnesium penting untuk fungsi otot dan syaraf, sedangkan zat besi membantu mengoptimalkan perkembangan otak.

2.  Membantu menambah berat badan

Dalam 100 gram jagung, terdapat sekitar 350 kalori. Untuk itu jagung dapat menjadi solusi efektif untuk menaikkan berat badan bayi. Namun bukan berarti bayi dengan berat badan normal tidak boleh makan jagung “Jangan diberi jagung, ah! Berat badan bayiku kan normal, nanti dia obesitas deh kalau makan jagung.” Mungkin ada orangtua yang berpikir seperti itu. 
Berita baiknya: konsumsi jagung bisa membantu menjaga berat badan bayi tetap normal, bahkan hingga Mama berhenti memberinya ASI kelak.

3. Melancarkan pencernaan

Sudah bukan rahasia lagi, jagung memang kaya serat yang membuatnya bersifat laxative (melancarkan pencernaan). Maka jika bayi sering mengalami konstipasi atau susah buang air besar, berikan saja sedikit produk yang mengandung jagung, seperti biji jagung, atau tepung jagung. Ini sangat efektif untuk mengatasi konstipasi. 

4. Meningkatkan fungsi mata dan kulit

Jagung kaya vitamin A dan sumber beta karoten yang meningkatkan fungsi penglihatan.
Kabar baiknya adalah: beta karoten juga berguna sebagai antioksidan, yang tentu saja bagus untuk kulit bayi, Ma.

Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Manfaat Jagung Untuk Buah Hati | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita