Makan Durian Sebelum Makan



BANYAK  yang suka buah durian namun banyak juga yang sangat membencinya bahkan hanya dari baunya.  Durian merupakan makanan yang cukup menjadi favorit bagi masyarakat Asia Tenggara. 

Praktisi klinis dokter Ari Fahrial Syam. Dia mengatakan bahwa hal itu tergantung dari kondisi kesehatan lambung orang tersebut. Penjelasan dari Dokter Ari "Kalau memang pasien sedang serangan akut, lagi sakit mag-nya kambuh, begah, itu memang tidak dianjurkan makan duren."

Ari mejelaskan bahwa, buah durian memang mengandung gas. Sehingga, tidak direkomendasikan pada orang-orang dengan kondisi tertentu. Namun, apabila orang tersebut memiliki kondisi lambung yang tenang, boleh-boleh saja menyantap buah dengan aroma khas nan tajam ini.

"Tapi tetap tidak boleh berlebihan. Karena tetap durian mengandung gas. Tapi kalau orangnya tenang dan baik tapi kalau makan berlebihan, memicu gasnya bisa juga jadi makin kambuh,"Penjelasan kembali dari Ari. 

Tidak ada makanan atau minuman tertentu yang harus disertakan ketika makan durian agar tubuh terhindar dari masalah. Namun, hindari mengonsumsi durian secara berlebihan. Lalu, hindari juga mengonsumsi buah ini dengan makanan lain tinggi kalori.

"Durian itu kan kalorinya tinggi. Jadi, ada pasien-pasien yang mengalami stroke, serangan jantung, setelah makan durian banyak," Penjelasan Ari. dan menurutnya , hal ini bisa terjadi ketika seseorang makan durian berlebihan, lalu mengonsumsi makanan berkalori tinggi dalam waktu singkat.

"Beban jantung jadi keras untuk bekerja, dalam kalori yang masuk tersebut. Akhirnya ya tadi, peningkatan jalur gula darah tinggi naik, bisa serangan jantung. Itu yang bahaya dari makan durian berlebihan," kata Ari menambahkan.

Buah Lain yang Perlu Diwaspadai Pasien Lambung

Beberapa buah yang juga sebaiknya diwaspadai bagi mereka yang punya masalah lambung adalah nanas dan nangka. Bukan hanya buah durian yaa.. 

Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Makan Durian Sebelum Makan | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita