Cara Mengatasi Keputihan



BANYAK  wanita yang bingung bagaimana cara mengatasi keputihan yang tepat. Sebab, meski sebenarnya sebagian besar keputihan adalah hal yang normal, namun kondisi ini sering membuat tidak nyaman dan resah, apalagi bila keputihan terjadi berulang. sebenarnya adalah hal yang normal dan sehat karena pada dinding vagina dan leher rahim terdapat kelenjar yang memproduksi cairan, sebagai bentuk pertahanan tubuh untuk menjaga kesehatan organ intim wanita. Keputihan yang normal pada umumnya berwarna putih susu atau jernih dan tidak berbau. Kadar cairan akan meningkat pada masa tertentu seperti saat menyusui, saat berhubungan seksual, dan pada saat atau sekitar masa menstruasi.Keputihan memang hal lumrah yang dirasakan oleh semua kaum hawa. Namun jika keputihan terus-menerus dan menyebabkan miss V gatal-gatal dan bau memang sangat mengganggu kenyamanan. Hal ini dapat menyebabkan rasa percaya diri semakin berkurang karena terus merasa nggak nyaman dan takut orang bisa mencium baunya.

Tanda keputihan tidak normal

1. BerbauUmumnya, keputihan yang normal tidaklah bau. Ketika keputihanmu berbau bahkan menyengat dan hampir dikatakan seperti bau busuk, maka bisa jadi ada kuman yang bersarang dan berkembang biak di miss V.

2. BerwarnaKetika normal, warna keputihan adalah bening dan transparan. Jika berwarna putih susu masih tidak apa-apa. Namun jika sudah hijau pekat, kuning, atau bahkan disertai dengan darah, ini masuk dalam kategori keputihan yang tidak normal.

3. Menimbulkan gatalArea miss V kamu gatal dan ketika mengalami keputihan? Ini juga merupakan salah satu ciri miss V dalam masalah.

4. Nyeri ketika kencingNyeri ketika kencing merupakan tanda bahaya ketika kamu sedang mengalami keputihan. Ini tanda bahwa kuman sudah sampai di kandung kemihmu.

Untuk menghindari terjadinya keputihan yang tidak normal, berikut beberapa langkah untuk menjaga kesehatan vagina:

Jaga agar vagina tetap kering dan tidak lembap. Menjaga agar vagina tetap kering dapat juga dilakukan dengan:
Menggunakan celana yang tidak terlalu ketat.Tidak terlalu sering menggunakan stoking.

Kenakan celana dalam berbahan katun, bukan sintetis. Celana dalam katun memungkinkan lebih banyak udara ke vagina dan mencegah lembap.

Tidak mengenakan celana dalam saat tidur di malam hari.
Basuh kemaluan dari depan ke belakang setelah buang air kecil bukan sebaliknya.

Vagina sebenarnya adalah organ yang dapat membersihkan diri sendiri. Menggunakan cairan pembersih vagina justru berisiko merusak keseimbangan alami bakteri dan jamur di dalamnya. Ketidakseimbangan ini akan memicu vaginosis bakterial. Untuk membersihkan vagina, gunakan air hangat dan sabun yang tidak beraroma kuat. Namun sebisa mungkin, hanya gunakan air saja.
Hindari penggunaan parfum, bedak pada vagina. Sebab penggunaan parfum dan sabun juga dapat merusak keseimbangan bakteri dan jamur yang terdapat di vagina.

Hindari penggunaan bahan-bahan berikut yang dapat membuat iritasi dan menyebabkan keluarnya cairan tidak normal dari vagina:
Penggunaan pelembut atau detergen yang beraroma kuat saat mencuci celana dalam.

- Pembalut beraroma/berparfum.
- Tisu toilet beraroma.
- Konsumsi makanan sehat dengan nutrisi seimbang.
- Konsumsi yoghurt atau suplemen yang mengandung lactobacillus.
- Hindari terlalu sering berendam dalam air panas.
- Cuci pakaian dalam dengan air hangat.
- Ganti pembalut secara teratur saat datang bulan.

1. Bawang putih

Bawang putih sudah merupakan resep herbal turun temurun dikarenakan zat-zat yang mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Mengonsumsi bawang putih secara rutin bahkan dapat menghambat bakteri masuk pada area kewanitaanmu. Kamu bisa mengonsumsi bawang putih dengan cara apapun asalkan rutin dan teratur. Begitulah cara menghilangkan keputihan dengan bawang putih.

2. Kunyit

Kandungan zat anti-bakteri pada kunyit dapat membantu menghilangkan keputihan membandel pada miss V. Kamu hanya perlu meminum air perasan kunyit yang telah diparut setiap hari.Cara mengatasi keputihan dengan kunyit:

- Kuliti dan bersihkan 2 buah kunyit

- Parut kunyit

- Peras sarinya dengan menambahkan air

- Tambahkan 1 sdm madu

Minum 2 kali dalam sehari. Rutin minum perasan kunyit setiap hari agar keputihan segera teratasi.

3. Daun Sirih

Cara mengatasi keputihan dengan daun sirih juga sudah terkenal. Buktinya adalah dengan banyaknya produk pembersih miss V yang menggunakan ekstrak sirih. Zat dalam daun sirih juga bersifat sebagai antibakteri dan antijamur. Cara mengatasi keputihan dengan hanya perlu merebus beberapa lembar daun sirih dengan 2 gelas air. Tunggu hingga air hanya tinggal setelah. Minum air rebusan daun sirih setiap hari.


Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Cara Mengatasi Keputihan | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita