Cara Mengatasi Insomnia


KURANG  tidur bisa menjadi masalah besar karena akan mempengaruhi kinerja dan aktifitas kita yang lainnya. Penyebabnya bisa beragam mulai dari stres, kebiasaan sebelum tidur dan berbagai faktor lainnya. Kata insomnia pastilah cukup akrab di telinga Anda. Sebagian orang di dunia ini pasti pernah mengalami gangguan tidur yang akrab disebut insomnia. Baik dalam kadar yang ringan maupun berat.

Gangguan insomnia sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor. Dari mulai karena mengalami gangguan kesehatan, hingga punya masalah atau banyak pikiran.

Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur 

1. Mandi dengan Air Hangat

Anda tidak akan pernah bisa tidur dengan nyenyak dan enak jika tubuh berada dalam kondisi kurang bersih. Karena itu, pastikan sebelum tidur mandilah dengan air hangat. Air hangat yang mengenai tubuh akan membuat badan lebih rileks dan segar. Dengan tubuh yang lebih rileks, maka Anda akan cepat ngantuk dan bisa tertidur dengan pulas. Jangan mandi dengan air dingin. Memang mandi dengan air dingin akan membuat badan Anda bersih, tapi tidak akan merasa rileks.

2. Mematikan peralatan elektronik

Jika ingin tidur nyenyak, matikan peralatan peralatan elektronik seperti televisi dan ponsel. Cahaya yang dihasilkan dari barang elektronik masuk kel retina dan membuat bingung kerja otak untuk membedakan siang hari atau malam hari, sehingga mendistorsi waktu tidur Anda.

3. Mengatur alarm

Pasang alarm jika sudah waktunya untuk tidur. Ini sangat membantu untuk mengatur kembali jadwal tidur syaratnya harus konsisten, jika waktu tidur sudah kembali normal, kamu tidak perlu lagi melakukan hal ini.

4. Hindari kopi

Hindari minum kopi atau minuman apapun yang mengandung kafein di dalamnya. Jika ingin minum sesuatu yang hangat sebelum tidur, lebih baik minum air putih hangat atau susu hangat.

5. Minum Susu Hangat

Cara mengatasi insomnia berikutnya adalah meminum susu hangat sebelum tidur. Jadi, setelah Anda selesai mandi dengan air hangat, siapkan segelas susu hangat. Ingat, susu hangat ya bukan susu dingin yang diambil dari kulkas.Sebagai tambahan, Anda bisa juga memakan sedikit tuna, keju, atau kedelai. Ada kandungan trytophan yang bersifat menenangkan dalam makanan-makanan tersebut.Rasa hangat yang masuk ke dalam perut akan membuat tubuh terasa lebih nyaman. Sehingga akan mempermudah proses Anda untuk tidur dan terlelap.

6. Matikan Lampu Kamar 

Cara mengatasi insomnia ini cukup efektif dilakukan. Terutama untuk memberikan kenyamanan saat tidur. Jika memang Anda tidak terlalu suka dengan suasana gelap gulita, maka bisa memasang lampu sudut yang diberi dimmer atau alat pengurang cahaya.

7. Belajar Atur Pernapasan

Lakukan latihan tersebut dengan tenang dan berpola. Jangan terburu-buru. Justru napas yang terburu-buru membuat Anda jauh dari rasa nyaman. Karena pernapasan yang dalam dan tenang akan memperlambat detak jantung. Ketika jantung berdetak dengan tenang dan teratur, seluruh tubuh akan merespons dengan memunculkan rasa nyaman. Saat itulah Anda bisa tertidur dengan lelap.

8. Konsumsi teh chamomile

Cobalah menghirup teh chamomile saat merasa sulit untuk tidur. Teh ini sangat bermanfaat, karena dapat melemaskan saraf dan bertindak sebagai obat penenang ringan.


Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Cara Mengatasi Insomnia | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita