Alat Makan Anak Tidak Harus Dilap sampai Mengkilap



BERITATOTOKITA.INFO -  Dokter spesialis anak Melanie Yudiana Iskandar menjelaskan bahwa “Terkadang orangtua terlampau terobsesi dalam menjaga kebersihan. Semua permukaan (peralatan makan) dilap sampai mengkilap. Padahal, tidak perlu seperti itu." Banyak orangtua yang sangat khawatir dengan kesehatan buah hati mereka agar tidak terpapar bakteri. Banyak orangtua yang memperhatikan hal ini secara berlebih hingga mengelap peralatan makan sampai mengkilap.

Dokter Melanie pun menjelaskan kembali "Namun, semua peralatan yang bersentuhan langsung dengan ASI atau dimasukkan ke mulut bayi. Misal, pompa ASI, kantong ASI perah, dan peralatan makan bayi harus bersih dan terbebas dari berbagai macam kuman dan bakteri." 

Rentan Terpapar Bakteri

"Kondisi ini dapat muncul ketika ibu kurang memerhatikan kebersihan, seperti tidak mencuci tangan, peralatan menyusui dan makan pun tidak dijaga higienisnya.Jika peralatan makan bayi tidak bersih, steril, dan higienis, maka si kecil akan mudah sakit. Infeksi masih menjadi salah satu penyebab umum penyakit pada bayi."penjelasan Melanie  

Melanie pun menjelaskan kembali "Kondisi ini dapat muncul ketika ibu kurang memerhatikan kebersihan, seperti tidak mencuci tangan, peralatan menyusui dan makan pun tidak dijaga higienisnya."

"Tetapi jika anak terekspos bakteri dan kuman dalam jumlah besar, seperti dari peralatan atau makanan yang tidak higienis dan tangan yang tidak bersih saat memegang anak. Maka, sistem imunnya akan sulit mempertahankan diri. Akibatnya, si buah hati dapat sakit." Kalimat penutup yang di jelaskan kembali dari Melanie. 

Sistem imun bayi memang masih berkembang, tapi memastikan kebersihan alat makan dan menyusuinya tetap harus dilakukan. Anak akan secara natural terekspos pada bakteri di rumah, kemudian sistem imunnya belajar melindungi diri.



Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Alat Makan Anak Tidak Harus Dilap sampai Mengkilap | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita