Tips Pola Makan untuk Tubuh tetap Sehat dan Terjaga


MAKAN  adalah salah satu kebutuhan yang di perlukan apalagi jika aktivitas banyak dan padat jika kurang makan maka tubuh akan terasa lemas loh. Makan sangat banyak juga kita temui di lingkungan terbuka ataupun tertutup misal nya di jalanan banyak orang yang menjual makanan akan tetapi itu belum tentu akan menjamin kesehatan tubuh kita apalagi kita tidak tahu bahan apa saja yang dia gunakan untuk masakannya tersebut. 

Bekerja dengan jam kantor yang padat tentu menyempitkan usaha untuk tetap bugar. Tapi jika Anda sudah punya niat yang kuat, tentu ada saja cara yang bisa dilakukan untuk tetap sehat, salah satunya dengan mengatur pola makan.

Dokter spesialis gizi dari klikik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Inge Permadhi sudah memberikan beberapa tips untuk mengatur pola makan yang sehat '

Dokter  Inge Permadhi menjelaskan "Pola makan sehat kalau saya membuatnya jadi 4J: jumlah, jenis, jadwal dan jurus masak."

Jumlah makan yang di saran kan dari sang dokter adalah sesuai dengan aktivitas di karenakan kelebihan makanan akan dapat menyebabkan kegemukan dan kekurangan makann juga akan menyebabkan berat badan kita menjadi turun.  Dokter  Inge Permadhi menerangkan kembali "Kita harus terus makan bervariasi, yang paling banyak adalah karbohidrat kemudian sayur dan buah, protein, yang boleh dikonsumsi paling sedikit adalah lemak, gula dan garam."

Menurut Dokter  Inge Permadhi , sumber karbohidrat yang baik adalah nasi merah, kentang, roti dan sereal. Menurutnya, ini adalah makanan dengan indeks glikemik rendah yang tidak cepat menaikkan gula darah. Nasi lemak jenuh adalah lemak yang sebenarnya paling baik untuk menggoreng karena dia tidak mudah membentuk radikal bebas. Tetapi bahayanya, apabila dikonsumsi lemak jenuh bisa meningkatkan kadar kolesterol.

Lemak yang baik untuk dikonsumsi adalah lemak omega 3, 6 dan 9. Semua lemak ini baik dimakan dengan porsi seimbang, tetapi semua lemak tidak boleh dipanaskan agar manfaatnya tidak hilang. Karena jika lemak tersebut dipanaskan pada suhu 80 derajat C akan berubah menjadi lemak jenuh.Tubuh juga membutuhkan mineral, koenzim ini dapat diperoleh dari buah. "Sumber mineral dan serat ada di buah dan sayur. Baiknya mengonsumsi buah dan sayur masing-masing enam porsi dan tiga porsi. Pagi siang malam, dan snack-nya adalah buah. Dalam satu hari, per seribu kalori yang kita makan, kita harus konsumsi 14 gram serat," penjelasan dari Dokter  Inge Permadhi

Menurut Inge metode memasak yang baik adalah mengukus, merebus atau memanggang dari bahan alami yang segar. Sedangkan makanan yang diolah dengan cara digoreng dan ditumis sebaiknya dihindari.


Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Tips Pola Makan untuk Tubuh tetap Sehat dan Terjaga | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita