Tips Menghilangkan Ngantuk

Mengantuk  sudah sering di rasakan oleh orang lain dari yang remaja,orang lebih tua bahkan usia lanjut. Mungkin dalam ngantuk tersebut banyak yang berpikir bahwa ia kurang istirahat, kurang tidur atau pun dengan alasan lainnya.

Kesibukan membuat banyak orang tidak bisa mencukupi kebutuhan tidur di malam hari. Akibatnya, rasa kantuk menyerang saat bekerja sehingga menurunkan produktivitas Anda. Tidak perlu risau. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan ngantuk saat jam kerja.

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja

1.  Bergerak
Bergerak adalah cara efektif untuk menghilangkan ngantuk saat kerja sekaligus membuat tubuh Anda selalu bugar. Saat mengantuk, cobalah beranjak dari tempat duduk dan berjalanlah mengitari lingkungan kantor selama 10 menit.

Berjalan kaki akan memicu jantung memompa lebih banyak darah kaya oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot. Pasokan oksigen bermanfaat untuk menjaga otak tetap aktif dan waspada sehingga rasa kantuk pun menghilang.

2.  Mengonsumsi camilan menyehatkan
Kopi dan makanan manis sering dijadikan camilan untuk mengusir kantuk saat bekerja. Kafein pada kopi memang mampu menahan kantuk, tapi efeknya justru menurunkan kualitas tidur. Sementara gula pada makanan manis membuat tubuh Anda cepat lelah.

Cara lain yang cukup efektif untuk menghilangkan ngantuk saat kerja adalah dengan mengonsumsi camilan menyehatkan. Contoh camilan yang disarankan antara lain:

- Yogurt dengan kacang-kacangan
- Wortel kecil dengan cocolan keju rendah lemak
- Biskuit gandum dengan selai kacang
- Buah-buahan kaya vitamin C seperti jeruk, nanas, kiwi, dan pepaya
- Cokelat hitam tanpa tambahan pemanis
- Teh hijau

3.  Meningkatkan kualitas tidur
Rasa kantuk saat bekerja dapat memengaruhi konsentrasi, fokus, hingga produktivitas Anda. Untungnya, beragam tips di atas bisa membantu Anda menghalau serangan kantuk saat bekerja.

Meski demikian, cara paling efektif agar Anda tidak lagi mengantuk saat bekerja tetaplah dengan mencukupi kebutuhan istirahat pada malam hari. Cobalah menambah jam tidur sedikit demi sedikit hingga kebutuhan istirahat Anda terpenuhi.

Yang Harus Dilakukan di Hari/ Malam Sebelumnya

1.  Hindari kafein, red wine, dan coklat
Kalau ingin segar saat bangun pagi, maka Anda harus tidur nyenyak di malam sebelumnya. Karenanya, minimalisir hal-hal yang dapat membuat lambung ‘gelisah’. Kopi, red wine, dan coklat adalah contoh makanan yang dapat membuat sistem pencernaan bergejolak. Jadi hindarilah mengonsumsinya selepas jam makan siang bila tak ingin sedikit-sedikit terbangun di malam harinya.


2.  Jangan makan sebelum naik ranjang
Selain itu, Anda sebaiknya juga tidak makan sebelum tidur. Beri jeda 2-3 jam antara waktu makan dengan tidur supaya lambung memiliki kesempatan untuk mencerna semua makanan yang dikonsumsi sebelumnya.

3.  Jernihkan hati
Cara menghilangkan ngantuk di pagi hari berikutnya adalah dengan menjernihkan hati sebelum tidur. Fakta membuktikan kalau kemarahan, kecemasan, dan emosi lain sejenisnya membuat kita sulit terlelap. Terang saja, bagaimana mau tidur bila pikiran masih terus bergejolak tentang ini-itu?! Oleh sebab itu, usahakan naik ke ranjang dalam keadaan tenang. Jika perlu berdoalah lebih dulu atau lakukan teknik relaksasi ringan sebelum menutup mata. Berendam dalam air hangat, mendengarkan musik klasik, atau membaca buku juga membantu.

4.  Jangan tidur siang di atas jam 3 sore
Tidur siang terlalu sore dapat membuat mata tetap melek saat malam harinya karena mengganggu ritme sirkadian. Jika ingin tidur siang, lakukan pukul 1-3 siang saja selama 30 atau 90 menit. Untuk menghindari puyeng saat bangun, jangan tidur kurang dari 30 menit atau lebih dari 90 menit.

Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Tips Menghilangkan Ngantuk | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita