Manfaat Buah Lengkeng

Manfaat Buah Lengkeng

Buah kelengkeng atau lengkeng (Dimocarpus longan) merupakan jenis buah yang sangat populer dan disukai orang. Rasanya yang manis dengan daging buahnya yang tebal membuatnya banyak dicari orang.

Manfaat buah kelengkeng juga banyak digunakan sebagai olahan minuman kaleng, makanan kaleng, atau dibuat sirup oleh kalangan industri. Buah ini juga sering dikeringkan sebagai bahan untuk membuat minuman segar.Manfaat buah kelengkeng tak hanya baik untuk kesehatan. Buah manis ini juga ternyata ampuh sebagai penenang alami. Namun rasanya yang enak jangan sampai membuat anda ketagihan. 

Mitos Buah Kelengkeng di Masyarakat Tiongkok
Ternyata terdapat mitos di Masyarakat Tiongkok mengenai manfaat buah kelengkeng. Kabarnya di negeri tirai bambu itu kelengkeng dijadikan makanan tradisi dalam meningkatkan kecantikan kulit agar lebih cerah dan menarik. Bahkan mereka meyakini buah ini mampu meningkatkan libido dalam berhubungan badan.

Yang tidak kalah menarik, buah kelengkeng juga mengandung zat anti depresan dari mineral dan fitokimianya. Buah lengkeng banyak dimanfaatkan para tabib China untuk mengatasi ketegangan saraf dan gangguan jantung.

Karena itulah manfaat buah kelengkeng juga untuk mengatasi rasa lelah berlebihan, memberikan efek ketenangan saraf, mengatasi masalah insomnia, dan juga menjaga kesehatan jantung.

Berikut Manfaat dan Khasiat Buah kelengkeng bagi kesehatan tubuh dan kecantikan :

1. Anti-Depresan
Memngkonsumsi Buah Kelengkeng mampu memberikan efek menenangkan, Buah ini mampu membuat syaraf Anda jauh lebih rileks dan tidak tegang. Syaraf yang tegang adalah sumber utama dari timbulnya penyakit stress.

2. Membantu Kerja Jantung dan Limpa
Buah kelengkengkeng meningkatkan kinerja fungsi jantung. Organ jantung yang berfungsi lebih baik akan membuat peredaran darah Anda lebih lancar. Darah yang lancar pun akan membuat oksigen dalam tubuh Anda tersebar rata ke seluru tubuh.

3. Mempercepat penyembuhan dan memperpanjang harapan hidup
Buah kelengkeng dapat memerangi radikal bebas dalam tubuh dan mencegah kerusakan sel. Buah kelengkeng sangat bagus untuk membantu proses penyembuhan tubuh Anda setelah sakit.

4. Melancarkan sirkulasi darah
Buah kelengkeng terbukti mampu mengendalikan kadar zat besi dalam tubuh. hal ini mampu membantu sirkulasi darah Anda menjadi lebih lancar.

5. Membantu Program Diet
Buah Kelengkeng memiliki kadar lemak dan kalori yang sangat rendah. Setengah mangkuk kelengkeng hanya mengandung 35 kalori, sehingga sangat cocok sebagai pilihan buah yeng tepat untuk diet.

6. Sumber Energi
Buah kelengkeng mengandung karbohidrat yang cukup kompleks sehingga mampu memasok energi dan meningkatkan stamina.

7. Mencegah Demam dan Flu
Buah kelengkeng juga mengandung Vitamin C yang cukup tinggi, sehingga mampu meningkatkan ketahanan dan juga melindungi tubuh dari demam dan flu.

8. Kesehatan kulit
Kelengkeng bagus untuk kulit karena mengandung material anti-aging. Utamanya, kelengkeng mencegah kerutan kulit di dekat mata, meminimalisir kerusakan dan pengelupasan kulit serta mencerahkan warna kulit.

9. Biji kelengkeng dapat mengobati gigitan ular
Mengurut daerah yang digigit oleh ular dengan biji kelengkeng dapat menghisap racun sekaligus menyembuhkan lukanya.

10. Biji Kelengkeng menjaga kesehatan rambut
Zat saponin yang dikandung biji kelengkeng adalah bahan dasar sampo yang dapat membuat rambut menjadi indah.

11. Mengatasi Nafsu Makan hilang, limpah lemah dan diare
Dengan Mengkonsumsi 60 gram buah lengkeng segar, lakukan dua kali sehari pada pagi dan malam. dapat membantu Mengatasi Nafsu Makan hilang, limpah lemah dan diare

12. Membantu Mengatasi Luka Bakar
Ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng, bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan minyak tung (Aleuritis fordii). Bubuhkan pada bagian yg terbakar.

Demikianlah dengan informasi tentang manfaat dan khasiat buah kelengkeng untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. walapun memiliki ukuran yang kecil, nyatanya buah yang memiliki nama lain mata kucing ini mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan manusia mulai dari membantu kerja jantung dan limpa, mencegah demam dan flu, sebagai sumber energi, berkhasiat untuk kesehatan kulit dan dapat membantu program diet. 

Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Manfaat Buah Lengkeng | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita