Manfaat Bawang Putih


BAWANG putih sudah digunakan sejak lama sebagai obat dan memiliki dampak yang positif bagi kesehatan. Manfaat bawang putih untuk kesehatan bisa didapatkan melalui bawang putih mentah maupun yang sudah dimasak. Anda bisa mencampur bawang putih ke dalam berbagai masakan yang dikonsumsi. Bawang merah, daun bawang, bawang kucai, bawang bombay, bawang prei, dan bawang putih termasuk dalam genus (spesies) Allium. Sejak zaman kuno, bawang putih telah digunakan sebagai tanaman obat, dan zat yang memberi bawang putih kekuatan khusus (dan bau khasnya) disebut allicin. Allicin sendiri adalah senyawa aktif bersifat tidak stabil, namun aktif membunuh mikroba seperti kuman-kuman penyebab infeksi.

Manfaat lebih dari bawang putih panggang dibandingkan memakannya mentah. Bawang putih mentah bisa sulit untuk ditelan, dan saat kamu memanggangnya, rasanya menjadi sedikit lebih manis dan lebih ringan, jadi ini adalah manfaat rasa utama untuk memanggangnya. Juga, diyakini bahwa mencincang dan memanggang dalam waktu singkat dapat merangsang dan melepaskan senyawa dalam bawang putih yang memberikan manfaat sehat pada bawang putih.

Bawang putih juga mengandung vitamin C, nutrisi antioksidan lain yang juga membantu membangun jaringan struktural pembuluh darah, ligamen, tendon, dan tulang. Elemen jejak selenium, juga ditemukan dalam bawang putih, berfungsi dalam aktivitas berbagai enzim yang berbeda. Bawang putih juga dapat membuat tubuh lebih mampu memanfaatkan zat besi dan seng ketika dikonsumsi dengan makanan yang mengandung mineral.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Bawang putih panggang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu. Berkat sifat antibakterinya, bawang putih dapat memperkuat kekebalan dan membantu melawan bakteri dan penyakit. Jadi jika kamu merasakan hawa dingin dan demam, atau ada orang di sekitar rumah atau kantormu sakit, cobalah makan beberapa bawang putih panggang untuk menjaga diri dari sakit.

2. Mencegah risiko kanker.

Konsumsi bawang putih panggang dapat menawarkan perlindungan terhadap kanker. Selain antioksidan yang ada dalam bawang putih, senyawa sulfur yang dikandungnya juga bertindak langsung pada karsinogen dan racun, membantu tubuh menghilangkannya sebelum dapat menyebabkan kerusakan. Selain itu, senyawa-senyawa ini menginduksi penghancuran sel-sel kanker, suatu proses yang disebut apoptosis.

3. Menurunkan kolesterol.

Melalui senyawa allicin bawang putih bakar, bisa membantu mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang efektif, konsumsi bawang putih bakar secara teratur. Banyak cara agar kamu bisa mengonsumi bawang putih bakar. Campurkan ke dalam masakan atau bisa juga dikonsumsi secara langsung.

4. Mencegah infeksi saluran kemih.

Salah satu penyebab infeksi kandung kemih karena pertumbuhan bakteri pseudomonas aeruginosa. Dengan mengonsumi bawang putih bakar secara teratur, risiko infeksi akan menurun. Tak hanya dapat mencegah infeksi saluran kemih, bawang putih ini juga dapat mengobati penyakit uterus dan membunuh parasit mikroorganisme lainnya yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

5. Meningkatkan kinerja fisik.

Bawang putih mampu mengurangi rasa lelah setelah berolahraga. Dengan mengonsumi bawang putih bakar kapasitas latihan fisik akan meningkatkan. Dilansir dari Indian Journal of Physiology dan Farmacology, seseorang yang mengonsumi bawang putih selama enam minggu dapat mengurangi gejala berbagai penyakit tubuh sebanyak 12 persen.

6. Menyehatkan prostat.

Pria bisa mengalami pembesaran prostat seiring bertambahnya usia. Namun risiko ini bisa dicegah salah satunya dengan rajin mengonsumi bawang putih dan bawang merah bakar. Dua jenis bawang ini ampuh menurunkan risiko BPH (benign prostatic hyperplasia). Pria yang memakan bawang putih ini memiliki risiko BPH 28% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsuminya.

7. Mencegah disfungsi ereksi.

Peredaran darah ke organ seksual yang kurang lancar menjadi salah satu penyebab disfungsi ereksi pada pria. Dengan memanfaatkan khasiat dari bawang putih, peredaran darah akan lebih lancar secara alami. Dengan begitu kamu akan terbebas dari gangguan seksual yang satu ini.

8. Menyehatkan jantung.

Bawang putih panggang dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Menurut Linus Pauling Institute, Amerika Serikat, bawang putih dapat memengaruhi produksi kolesterol dengan menghambat sintesis kolesterol oleh hati. Bawang putih juga memiliki sifat anti-inflamasi dan mengurangi pembekuan darah.

Cara menggunakan bawang putih untuk menjaga kesehatan tubuh : 

Untuk urusan tubuh bagian dalam, bawang putih diolah dan dikonsumsi langsung. Caranya hancurkan sedikit sisi bawang putih dan biarkan selama 10 menit sebelum dipanggang pada suhu 400 derajat Fahrenheit selama 30-40 menit dapat membantu melepaskan lebih banyak senyawa sulfur yang bermanfaat.

Tindakan menghancurkan bawang putih menyebabkan reaksi enzimatik yang menghasilkan senyawa allicin. Karena memasak bawang putih dapat menghancurkan beberapa senyawa sulfur sehat, menghancurkannya terlebih dahulu adalah metode mempertahankan banyak manfaat kesehatan.

Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Manfaat Bawang Putih | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita