Hemat Uang dari Sekarang


Uang adalah sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan, karena tanpa uang kita tidak bisa membeli makanan,minuman dan kebutuhan kita lainnya. Banyak yang di lakukan agar bisa banyak menghasilkan uang yang dalam jumlah banyak agar bisa membeli segalanya. 

1. Susun Anggaran dan Terapkan Secara Bertahap

Ketika kita terbiasa melakukan pemborosan, maka bisa dipastikan kita memiliki sejumlah masalah dalam anggaran keuangan kita. Hal ini akan terjadi secara sistematis, di mana berbagai pos yang terdapat di dalam keuangan tidak berjalan dengan lancar dan sebagaimana mestinya. Lakukan penyusunan ulang terhadap anggaran keuangan, terapkan berbagai macam kebijakan di dalamnya yang bertujuan untuk menghentikan pemborosan uang. 

Setelah menyusun anggaran dengan baik, maka kita bisa menerapkannya di dalam kehidupan. Ingat, segala sesuatunya tidak bisa diubah secara ekstrim. Kita akan menemukan kesulitan untuk melakukannya jika berlebihan. Lakukan penghematan pada anggaran secara perlahan dan bertahap, sehingga tindakan tersebut bisa berjalan mudah dan tidak berpengaruh besar pada aktivitas kita sehari-hari. 

2. Melakukan Analisa

Mengenai kebiasaan belanja kita yang berlebihan, ada baiknya kita melakukan analisa kecil terhadap hal tersebut. Tidak semua kegiatan belanja itu buruk, namun yang patut untuk dipikirkan adalah mengenai poin mana dari kegiatan tersebut yang membuat kita senang/bahagia. Barangkali kita akan senang pada saat berjalan-jalan di mal saja, atau pada saat mengenakan pakaian yang baru kita beli.

3.  Berhemat Secara Perlahan

Jangan pernah melakukan penghematan yang ekstrim di dalam keuangan, hal tersebut akan menjadikan penghematan tersebut sebuah hal yang sulit atau bahkan mustahil dilakukan. Jalankan hal ini secara perlahan dan juga terencana. Mulailah dari hal-hal kecil saja yang terlihat mudah untuk kita lakukan.

4. Menjadikan Rutinitas

emua orang akan memiliki cara tersendiri dalam mengelola keuangannya. Akan tetapi, apapun cara yang kita pilih, sebaiknya kita mengawasi setiap pengeluaran yang kita lakukan dalam keuangan kita. Selalu luangkan waktu di akhir pekan untuk menghitung dan juga mengawasi pos pengeluaran yang telah kita lakukan. Hal ini akan membantu kita mengontrol dan juga mengawasi keuangan dengan baik. Lakukan hal ini sebagai kegiatan wajib dan juga menyenangkan bagi kita.

5. Ketahui dan Perbaiki Kelemahan
Ketika kita berbicara mengenai pemborosan, maka seringkali hal tersebut telah menjadi sebuah kebiasaan yang terjadi dalam kurun waktu yang panjang. Hal ini tentu dipengaruhi oleh cara kita dalam menyusun anggaran keuangan dan juga menerapkannya. Cari tahu di pos mana anggaran tersebut selalu membengkak, lalu terapkan beberapa kebijakan khusus di sana untuk mencegahnya kembali terulang. Jika belanja adalah kelemahan kita dalam mengontrol keuangan, maka lakukan hal ini dengan hati-hati dan penuh pertimbangan.


Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Hemat Uang dari Sekarang | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita