Cara Menghilangkan Bau Ketiak


Penyebab bau badan adalah kelenjar keringat. Semua orang tentu memiliki kelenjar keringat. Biasanya keringat tidak memiliki bau. Tapi jika melekat terlalu lama pada kulit bahkan sampai berjam-jam akan menimbulkan masalah bau badan. Selama keringat menempel pada tubuh, bakteri-bakteri yang secara alamiah ada di kulit akan berkembang biak dengan cepat sehingga bau badan menjadi tidak sedap.

Keringat yang bau dihasilkan oleh kelenjar apokrin.
Keringat sendiri dihasilkan oleh dua kelenjar penting dalam tubuh yaitu kelenjar accrine dan kelenjar apokrin. Kelenjar accrine adalah tempat di mana kelenjar bening dan tidak berbau dihasilkan sejak bayi. Biasanya berada di tangan, punggung, dan dahi. Kelenjar accrine menghasilkan keringat yang berguna untuk menurunkan suhu tubuh pada waktu tertentu.

Sedangkan bau badan yang tidak sedap berasal dari kelenjar apokrin. Kelenjar ini letaknya jauh di dalam kulit. Biasanya kelenjar ini ada pada bagian-bagian lipatan tubuh seperti ketiak. Banyaknya sih di ketika karena ketiak memiliki pori-pori yang cukup besar untuk mengeluarkan keringat. Kelenjar akan berekresi bersama bakteri yang berperan dalam proses pembusukan. Oleh karena itu timbul bau badan yang tidak sedap. Kelenjar apokrin sendiri baru aktif setelah pubertas.

Cara menghilangkan bau badan tak sedap secara alami
Kepercayaan diri Anda berkurang karena banyak orang yang berkata bahwa bau badan Anda tidak sedap dan menyengat? Ternyata ada banyak cara lho untuk menghilangkan bau badan tidak sedap dan menyengat yang menyebabkan Anda menjadi tidak percaya diri.

1. Daun sirih

Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun sirih ampuh dalam membasmi masalah kesehatan. Daun sirih dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena kandungan dalamnya. Vitamin C, tiamin, niacin, riboflavin, dan karoten ada pada daun sirih. Daun sirih ini jadi cara efektif menghilangkan bau badan dan keringat berlebih secara cepat.

Untuk menghilangkan bau badan menggunakan daun sirih, caranya adalah:
Ambil beberapa lembar daun sirih, lalu rebus dengan 2 gelas air
Kemudian campurkan pada bak air yang Anda gunakan untuk mandi

Lalu mandilah dengan menggunakan air rebusan tersebut
Lakukan hal tersebut secara rutin, maka bau badan Anda akan segera menghilang.

2. Daun beluntas

Daun beluntas merupakan tanaman kecil yang sering tumbuh di pinggir pantai. Daun beluntas merupakan tanaman liar yang dapat tumbuh meski tanpa dirawat. Daun beluntas mengandung banyak sekali senyawa yang tentu saja besar manfaatnya bagi tubuh. Ada alkaloid, minyak atsiri, fosfor, kalsium, magnesium, lemak, natrium, falovonoid, tanin, asam amino, vitamin A, dan juga vitamin C.

Cara menghilangkan bau badan menggunakan daun ini:

Rebus daun beluntas hingga matang
Minum air rebusan ini secara rutin, sebanyak 2 kali dalam sehari

3. Daun kemangi

Minyak atsiri yang dipercaya dapat menghilangkan bau badan ada dalam kemangi. Selain itu kemangi juga berfungsi sebagai antiseptik.

Caranya:

Anda cukup memakannya sebagai lalapan. Cukup dengan segenggam kemangi setiap pagi dan sore
Namun jika Anda tidak menyukainya sebagai lalapan, Anda bisa menggunakannya sebagai teh.
Caranya:

Jemur daun kemangi hingga kering
Lalu tumbuk hingga halus, seduh dengan air panas lalu disaring
Minum 2 kali sehari secara rutin

4. Temulawak

Temulawak juga mengandung minyak atsiri dan zat-zat lain seperti sapomin dan flavoinoida yang dapat menghilangkan bau badan. Untuk menghilangkan bau badan caranya adalah:

Parut temulawak sampai halus
Kemudian beri air sembari diperas
Tambahkan 1 sdt madu untuk menghilangkan baunya
Minum air perasan temulawak tersebut

5. Bunga kecombrang

Tidak hanya daun sirih, bunga kecombrang juga kaya akan antioksidan dan zat-zat lain yang bermanfaat bagi tubuh seperti saponin, fenolik, flavonida, alkaloid, tanin, triterpenoid, glikosa, streoid, polifenol, antimikroba, vitamin, dan juga mineral. Zat-zat tersebut berguna untuk menghilangkan bau tidak sedap.

Yang perlu Anda lakukan adalah:

Tumbuk kasar bunga kecombrang dan batangnya.
Lalu gunakan sebagai sabun pada tubuh setiap kali Anda mandi.

6. Jeruk purut

Kaya manfaat merupakan salah satu kelebihan jeruk purut. Meski asam jeruk purut memiliki puluhan kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ada serat, gula, karbohidrat, vitamin A dan C, kalori, zat besi, sodium, dan kalsium.

Caranya:

Peras 1 buah jeruk purut kemudian campur dengan segelas air
Minum 2 kali sehari secara rutin

7. Jeruk nipis

Tidak hanya jenis jeruk purut saja yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Jeruk nipis juga tidak kalah bermanfaat lho. Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan flavonoid. Kandungan lainnya dalam jeruk nipis adalah asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, macronutrients, serat, dan kalori. Cara menghilangkan bau badan dengan jeruk nipis ini bisa Anda coba sebagai solusi mudah selanjutnya.

Cara mengaplikasikan jeruk nipis sebagai penghilang bau badan:

Belah jeruk nipis menjadi 2 bagian.
Oleskan pada ketiak anda, sama seperti mengaplikasikan deodoran pada ketiak Anda.

8. Jahe

Jahe juga ternyata mengandung minyak atsiri, zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit. Minyak atsiri seperti sudah sering disebutkan di atas, berguna sebagai penghilang bau badan. Wedang jahe yang dikonsumsi sehari sekali secara rutin akan membantu menghilangkan bau badan.

9. Cuka

Kandungan asam dalam cuka malahan akan membantu untuk membunuh bakteri dan kuman penyebab bau badan.

Caranya:

Teteskan cuka pada kapas
Lalu oleskan pada ketiak, gunakan sama seperti deodoran

10. Mengonsumsi buah-buahan

Sudah tidak perlu dijelaskan lagi bahwa buah-buahan memang menyehatkan bagi tubuh. Karena buah-buahan mudah dicerna oleh tubuh, maka sistem pencernaan tubuh agar berfungsi sempurna sehingga tidak akan ada lemak yang tertimbun yang kemudian malah menyebabkan berat badan bertambah dan bau badan.


Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Cara Menghilangkan Bau Ketiak | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita