Cara Menghilangkan Bau Badan



Keringat yang bau dihasilkan oleh kelenjar apokrin.
Keringat sendiri dihasilkan oleh dua kelenjar penting dalam tubuh yaitu kelenjar accrine dan kelenjar apokrin. Kelenjar accrine adalah tempat di mana kelenjar bening dan tidak berbau dihasilkan sejak bayi. Biasanya berada di tangan, punggung, dan dahi. Kelenjar accrine menghasilkan keringat yang berguna untuk menurunkan suhu tubuh pada waktu tertentu.

Cara menghilangkan bau badan tak sedap secara alami

1. Daun sirih
Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun sirih ampuh dalam membasmi masalah kesehatan. Daun sirih dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena kandungan dalamnya. Vitamin C, tiamin, niacin, riboflavin, dan karoten ada pada daun sirih. Daun sirih ini jadi cara efektif menghilangkan bau badan dan keringat berlebih secara cepat.

- Ambil beberapa lembar daun sirih, lalu rebus dengan 2 gelas air
- Kemudian campurkan pada bak air yang Anda gunakan untuk mandi
- Lalu mandilah dengan menggunakan air rebusan tersebut

2. Daun beluntas
Daun beluntas merupakan tanaman kecil yang sering tumbuh di pinggir pantai. Daun beluntas merupakan tanaman liar yang dapat tumbuh meski tanpa dirawat. Daun beluntas mengandung banyak sekali senyawa yang tentu saja besar manfaatnya bagi tubuh. Ada alkaloid, minyak atsiri, fosfor, kalsium, magnesium, lemak, natrium, falovonoid, tanin, asam amino, vitamin A, dan juga vitamin C.

- Rebus daun beluntas hingga matang
- Minum air rebusan ini secara rutin, sebanyak 2 kali dalam sehari

3. Temulawak 
Temulawak juga mengandung minyak atsiri dan zat-zat lain seperti sapomin dan flavoinoida yang dapat menghilangkan bau badan.

- Parut temulawak sampai halus
- Kemudian beri air sembari diperas
- Tambahkan 1 sdt madu untuk menghilangkan baunya
- Minum air perasan temulawak tersebut

4. Jahe
Jahe juga ternyata mengandung minyak atsiri, zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit. Minyak atsiri seperti sudah sering disebutkan di atas, berguna sebagai penghilang bau badan. Wedang jahe yang dikonsumsi sehari sekali secara rutin akan membantu menghilangkan bau badan.

5. Cuci pakaian dengan bersih
Baik pakaian yang baru Anda beli atau pakaian kotor harus Anda cuci dengan bersih untuk menghindari adanya bakteri maupun virus yang ada pada pakaian tersebut.

6.  Ganti pakaian secara rutin
Anda malas mengganti pakaian agar cucian tidak menumpuk? Salah besar. Dengan semakin jarang Anda berganti pakaian maka bakteri yang bersarang pada kulit akan menempel pada pakaian dan berkembang biak dengan cepat.

7. Pakai pakaian yang dapat menyerap keringat
Anda malas menyeka keringat yang keluar? Maka gunakanlah pakaian yang dapat menyerap keringat dengan baik. Hal ini agar bakteri tidak terus menempel pada tubuh. Pakaian yang dapat menyerap keringat adalah pakaian berbahan katun. Namun jangan lupa mencuci pakaian dengan bersih setelahnya.

8. Menggunakan deodoran
Meski tidak dapat mengurangi keluarnya keringat, namun deodoran berguna untuk mencegah bau badan. Gunakan sebelum beraktivitas.

9.  Menggunakan bedak
Banyak jenis bedak yang dapat digunakan sebagai pencegah timbulnya keringat pada kulit. Anda bahkan bisa menggunakan bedak bayi yang tentu saja manjur untuk mencegah keringat keluar. Bedak juga bisa jadi cara menghilangkan bau badan pada anak.

10. Menyeka keringat dengan segera dan sering
Keringat berlebih dan menumpuk akan menyebabkan bakteri semakin senang untuk berkembang biak pada tubuh Anda. Oleh karena itu segeralah seka keringat Anda agar tidak menumpuk pada kulit.


Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Cara Menghilangkan Bau Badan | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita