Peringatan World Dance Day Turut Dimeriahkan Oleh Masyarakat Solo Dengan Seni Tarian Jaranan

Hasil gambar untuk 5000 penari jaranan


Berita Hangat Totokita - World dance day yang jatuh pada tanggal 29 April 2019 kemarin turut dimeriahkan oleh masyarakat Solo dengan tarian tradisional jaranan.

Sebanyak 5.000 penari jaranan yang melibatkan ribuan siswa-siswi sekolah dasar dan sekolah menengah pertama juga masyarakat pecinta seni tradisional mengisi Stadion Sriwedari, Solo, Senin (29/4) untuk memeriahkan acara World Dance Day.

Romobongan pelaku seni tersebut juga membentuk tiga formasi selama 15 menit dari kepulauan Indonesia sampai dengan tulisan Solo Kota Budaya dan Hari Tari Dunia 2019.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, Kinkin Sulanul Hakim, perencaan aksi tari tersebut telah dilakukan sejak awal bulan lalu pada msing-masing kecamatan.

"Persiapan sudah dilakukan sejak awal bulan lalu di masing-masing kecamatan. Sekarang sudah memasuki tahapan latihan bersama di tingkat kota," tuturnya.

Pergelaran pentas seni yang turut diikuti oleh Wali Kota Solo F.X Hadi Rudyatmo sebagai penari jaranan tersebut juga mendapatkan penghargaan sekaligus tercatat pada rekor MURI Indonesia. 

Sementara itu menurut Kinkin, pencipta dari tarian khas Jawa bergaya Solo ini adalah seorang dosen tari dari ISI Surakarta, S Parmadi. Tari ini juga sering dibawakan oleh murid-murid sekolah dasar sampai dengan sekolah menengah pertama.

"Kita pilih tari jaranan, ini untuk melestarikan salah satu tarian gaya Solo dan sekaligus membangun pengetahuan tari jaranan dengan cara mengajak anak-anak usia SD dan SMP untuk melestarikan tari jaranan," lanjutnya.

















































































































































































Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Peringatan World Dance Day Turut Dimeriahkan Oleh Masyarakat Solo Dengan Seni Tarian Jaranan | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita