Penggrebekan Pabrik Uang Palsu di Sleman, Polisi Amankan Rp 4,6 Miliar Uang Palsu




BERITA HANGAT TOTOKITA - Kepolisian DIY melakukan penggerebekan pada sebuah rumah kontrakan di Desa Sidoluhur, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Dalam penggerebekan tersebut polisi berhasil mengamankan uang palsu sebanyak Rp 4,6 miliar siap edar.

Pabrik yang dipimpin oleh seorang kepala dusun di Pati yang berinisial HS (39) telah beroperasi satu bulan lamanya.

Dalam pembuatan uang palsu tersebut HS dibantu oleh seorang guru honorer IK (36) dari Pati Jawa Tengah dan dua tenaga produksi berinisial EK (61) dan NY (67) yang merupakan warga Magelang Jawa Tengah.

Terungkapnya pabrik uang palsu tersebut berawal dari laporan seorang pedagang angkringan, ia mencurigai bahwa uang yang digunakan oleh tersangka IK adalah uang palsu.

Setelah itu pedagang tersebut melaporkan kepada pihak kepolisian setempat, kemudian setelah mendapatkan laporan polisi menindaklanjuti lalu melakukan penyelidikan. Dari hasil penyelidikan tersebut kemudian pabrik uang palsu tersebut terkuak.

"Tersangka IK telah belanja di warung angkringan itu sebanyak lima kali. Uang yang dipakai belanja itu belakangan diketahui palsu," ujar Yuliyanto di Mapolsek Godean, Selasa 19 Maret 2019.

Dari hasil penangkapan kemudian ditemukan fakta bahwa uang palsu tersebut bukan hanya diproduksi di daerah Godean saja, sebelumnya uang palsu juga sudah pernah di produksi di daerah Pati dan Magelang.

Pengakuan tersangka mengatakan bahwa uang palsu tersebut sudah diedarkan di daerah Lampung dan Mojokerto, uang palsu yang telah beredar tersebut adalah hasil produksi dari pabrik di Pati namun uang palsu yang di produksi di Sleman belum sempat diedarkan.

"Dijual ke Lampung Rp280 juta, Mojokerto Rp70 juta. Itu saat produksi di Pati. Tersangka menjual uang palsu sebanyak lima lembar ditukar dengan uang asli satu lembar," kata Herry.

Keempat tersangka dijerat dengan Pasal 36 ayat (2), ayat (3) jo Pasal 26 ayat (2), ayat (3) UU 7/2011 dan Pasal 244 KUHP dan Pasal 245 KUHP subsider Pasal 55 KUHP jo Pasal 56 KUHP dengan ancaman 15 tahun penjara.



REFFERAL 1.5 UP TO 4%
ayo buruan discount besar besaran
2D: 29%
3D: 59%
4D: 66%
Untuk mendaftar












Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Penggrebekan Pabrik Uang Palsu di Sleman, Polisi Amankan Rp 4,6 Miliar Uang Palsu | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita