Beberapa Jenis Gangguan Kesehatan Yang Ternyata Bisa Memicu Suasana Hati Yang Buruk


BERITATOTOKITA.INFO :  Suasana hati yang buruk alias bad mood merupakan hal yang lumrah. Setiap orang pasti pernah mengalami hal seperti ini. Tetapi jika dibiarkan berlarut-larut juga bisa menimbulkan ketidakstabilan emosi atau bahkan psikologis. Untuk mengatasi bad mood tentunya harus diketahui penyebabnya terlebih dahulu. Kadang alasannya tak sesederhana 'hari yang buruk', PMS, atau jam tidur yang kurang.

Ada beberapa jenis gangguan kesehatan yang ternyata bisa memicu suasana hati yang buruk. Berikut ini akan kita bahas selengkapnya seperti dilansir Times of India :

1. Nyeri kronis
      Nyeri kronis sering dikaitkan dengan rasa tidak nyaman. Dari sini saja pasien sudah memiliki kecenderungan untuk mengalami suasana hati yang buruk. Untuk melawan rasa nyeri akut, pasien seringkali diberikan obat penghilang rasa sakit. Masalahnya obat seperti ini juga mudah memicu fluktuasi emosi.

2. Diabetes tahap awal
      Diabetes tahap awal bisa memicu emosi Anda. Ketidakseimbangan kadar gula menyebabkan ketidakcocokan tingkat serotonin. Serotonin sendiri adalah zat kimia yang diproduksi atas perintah otak. Hormon ini yang berpengaruh pada emosi dan tingkat stres pada manusia.

3. Kekurangan vitamin D
      Vitamin D tidak hanya penting untuk kesehatan dan kepadatan tulang. Asupan vitamin ini juga penting dalam menjaga kestabilan emosi. Kurang vitamin D bisa bikin suasana hati sulit dikendalikan. Karena itulah tak ada salahnya jika Anda mencoba untuk mendapatkan siraman cahaya matahari lebih sering.

4. PMDD
      Bukan hanya PMS (Premenstrual syndrome) yang bisa menyebabkan seorang wanita merasa bad mood. Namun, Premenstrual Dysphoric Disorder atau PMDD bisa membuat Anda merasa gelisah, mudah tersinggung, dan sulit melanjutkan pekerjaan. Walaupun siklus menstruasi terkait dengan hormon yang berfluktuasi dan dianggap normal, namun PMDD membutuhkan pengobatan dan perubahan gaya hidup untuk mengurangi gejalanya.

5. Gangguan pada kelenjar tiroid
      Memiliki tingkat tiroid yang tinggi bisa berbahayabagi kesehatan mental. Salah satu gejala dari hipertiroid adalah berubahnya suasana hati yang naik turun. Ini karena Anda menjadi sulit berkonsentrasi dan kerap gelisah.

6. Kurang olahraga
      Jika Anda tidak cukup bergerak, bukan hanya tubuh yang menderita. Namun, mood juga bisa memburuk. Olahraga menginduksi endorfin, 'hormon bahagia' yang bisa menurunkan tingka depresi, kecemasan, dan membuat Anda merasa lebih baik. Berjalan 10 menit bahkan bisa mengubah suasana hati yang buruk untuk menjadi lebih baik.

7. Stroke
      Stokre mengubah kondisi otak yang memberikan sinyal yang tercampur. Hal ini menyulitkan informasi dan emosi yang dirasakan, dengan cara yang benar. Karena itu, dalam situasi semacam ini seringkali suasana hati memburuk dan kemarahan sering terjadi. Untuk ini, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

8. Alergi
      Beberapa alergi bisa menyebabkan rasa jengkel. Ini membuat mood menjadi naik turun. Anda bahkan bisa mengalami ganggunan tidur. Mereka juga mempengaruhi kekebalan yang membuat seseorang bisa merasa sedih setiap saat.

Demikian gangguan-gangguan kesehatan yang mungkin memicu suasana hati buruk alias bad mood. Hal paling mudah untuk dilakukan agar kondisi emosi senantiasa stabil adalah menjalani hidup sehat. Bangun lebih pagi, melakukan aktivitas fisik, dan konsumsi makanan yang baik untuk tubuh dalam jumlah memadai.



REFFERAL 1.5 UP TO 4%
ayo buruan discount besar besaran
2D: 29%
3D: 59%
4D: 66%
Untuk mendaftar

Share on Google Plus

About Toto Kita

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Beberapa Jenis Gangguan Kesehatan Yang Ternyata Bisa Memicu Suasana Hati Yang Buruk | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita