Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, tingak pengangguran terbuka (tpt)mengalami kenaikan


Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, tingkat pengangguran terbuka (TPT) di pedesaan pada Agustus tahun ini mengalami kenaikan sebesar 0,03% poin dari Agustus tahun sebelumnya.

Pada Agustus tahun ini, TPT di pedesaan menjadi sebesar 4,04%. Padahal, di Februari 2018 TPT sebesar 3,72% dan Agustus 2017 sebesar 4,01%.

Ekonom Institute For Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mengatakan, salah satu faktor yang menyebabkan kenaikan TPT ini adalah dana desa yang tidak efektif menyerap tenaga kerja. Menurutnya, serapan tersebut tidak sebanding dengan angkatan kerja baru.


Dana desa yang dianggarkan sebesar Rp 60 triliun di tahun ini pun masih terkendala administrasi yang rumit untuk pencairannya. Ditambah, adanya ketakutan kepala desa terkena kasus korupsi.


"Fenomena lain adalah struktur elite di desa di mana proyek dana desa hanya dinikmati segelintir orang di sekitar aparatur desa. Jadi tidak merata," tutur Bhima kepada Kontan.co.id, Selasa (6/11).

Tak hanya disebabkan masalah dana desa, adanya faktor harga komoditas perkebunan yang turun dalam satu tahun terakhir pun menjadi pemicu peningkatan TPT.

Bhima mencontohkan harga crude palm oil (CPO) pada periode Januari sampai September 2018 turun 16% year to date. Ini menyebabkan serapan tenaga kerja di pertanian turun 220.000 orang dalam kurun 1 tahun terakhir.

"Karena sebagian besar penduduk desa bekerja di sektor pertanian maka efeknya langsung terasa di angka pengangguran desa," ujar Bhima.

Sementara itu, saat memaparkan keadaan ketenagakerjaan Indonesia di Agustus 2018, Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, adanya peningkatan tenaga kerja ini lebih dikarenakan adanya pengurangan tenaga kerja di pertanian.







Share on Google Plus

About Toto Kita

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, tingak pengangguran terbuka (tpt)mengalami kenaikan | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita