Makanan yang Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh Disaat Musim Pancaroba

Makanan yang Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh Disaat Musim Pancaroba-berita totokita


Satu di antara beberapa cara terbaik untuk tetap sehat adalah memilih berbagai makanan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Disarankan untuk konsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Makanan ini menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh untuk membantu menangkal infeksi dan penyakit.

Apalagi di musim pancaroba, di mana anak-anak akan rentan terkena penyakit flu dan batuk. Berikan 5 makanan ini untuk bantu menangkal sakit dan meningkatkan kekebalan tubuh.

1. Jamur
      Jamur bisa menjadi senjata ampuh dalam menangkal flu, dan infeksi lainnya. Studi pada hewan menunjukkan bahwa jamur seperti shitake, maitake, dan reishi memiliki efek antivirus, antibakteri, dan anti tumor. Untuk penyajiannya, iris beberapa jamur shitake dan masukkan ke dalam sup bihun.

2. Sayuran warna cerah
      Karotenoid seperti beta-karoten adalah antioksidan penting yang membantu fungsi sistem kekebalan. Karotenoid ada dalam sayuran kuning, oranye dan hijau cerah. Misalnya, wortel, bayam, kangkung, dan yang lainnya. Anda orangtua bisa menyajikan sayuran ini untuk Si Kecil dalam bentuk sup hangat.

3. Kacang
      Kacang kaya akan antioksidan seperti vitamin E, asam lemak omega 3, dan seng. Penelitian telah menunjukkan hubungan antara makan kacang dan manfaat kesehatan seperti risiko penyakit kronis yang lebih rendah. Anda bisa mengoles mentega kacang murni pada roti gandum untuk camilan kaya antioksidan.

4. Buah beri
      Buah beri kaya vitamin C dan bioflavonoid, fitokimia yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran yang dapat berfungsi sebagai antioksidan. Satu cangkir stroberi mengandung sebanyak 100 mg vitamin C, yang hampir sama dengan segelas jus jeruk. Buah beri lain seperti blueberry sangat tinggi dalam bioflavonoid. Agar meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang optimal, makan semangkuk buah beri campuran daripada hanya satu jenis. Anda bisa membuat smoothie beri yang lezat ditambah dengan susu dan madu.

5. Yogurt
      Penelitian telah menunjukkan bahwa bakteri baik dalam yogurt dapat melindungi saluran usus terhadap penyakit gastrointestinal. Selain itu, meningkatkan resistensi terhadap penyakit yang berhubungan dengan kekebalan tubuh seperti infeksi dan bahkan kanker. Bakteri baik ini juga dapat membantu mencegah pilek dan infeksi lainnya. Satu porsi yogurt Yunani dapat mengandung sebanyak 30 gram protein, 2-3 kali lebih dibanding yogurt biasa. Yogurt Yunani juga lebih rendah dalam gula dan mengandung kalsium. Untuk penyajiannya, sajikan 1 sendok yogurt tawar ke dalam mangkuk dengan buah beri dan taburi madu dan kacang-kacangan di atasnya.

Share on Google Plus

About Toto Kita

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Makanan yang Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh Disaat Musim Pancaroba | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita