LBH Meminta Polisi Hentikan Aksi Tembak Mati Begal



BERITATOTOKITA.COM - Upaya kepolisian yang menerapkan tindakan tegas kepada pelaku begal dan jambret, mendapat kritik dari sejumlah kalangan. Salah satunya adalah Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta yang meminta agar polisi menghentikan aksi tembak mati terhadap begal yang melawan.

Menurut LBH, hal ini bertentangan dengan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perkap). "Pasal 5 Perkap Nomor 1 Tahun 2009 ada tahapan penggunaan kekuatan oleh polisi terhadap pelaku kejahatan. Tidak boleh langsung tembak dengan tujuan mematikan tersangka," ujar Kepala Bidang Advokasi Fair Trial LBH Jakarta Arif Maulana, dilansir dari Tempo.

Menurut Arif, tindakan ini adalah pembunuah di luar pengadilan atau extra judicial killing. LBH Jakarta pun membuka posko pengaduan kepada mereka yang menjadi korban ketidakadilan hukum ini.

Pengamat kepolisian, Bambang Widodo Umar, juga mengatakan kalau penembakan terhadap pelaku begal bukan solusi mengurangi tindak kejahatan di jalanan. "Tidak bisa diatasi hanya dengan main tembak alias destruktif. Dengan cara penindakan keras, hilang sebentar, nanti muncul lagi," kata Bambang, Senin 9 Juli 2018.

Menurutnya, begal disebabkan karena pelaku tak punya pekerjaan yang membuat dia melakukan aksi kriminalitas demi mendapatkan uang. Namun, Inspektur Jenderal Setyo Wasisto yang merupakan Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri mengklaim penembakan ini dilakukan karena begal sudah mengancam jiwa seseorang.

"Kami melakukan tindakan tegas terukur. Kalau sudah mengancam harta atau jiwa seseorang, maka kami juga harus melakukan tindakan tegas," kata Setyo. Pelaku kriminal jalanan ditembak karena memiliki senjata atau melawan petugas. Setoy juga memastikan kalau polisi mempunyai barang buktinya.

"Kalau menghadapi yang begitu-begitu kami tidak boleh lembek-lembek," kata Setyo. Seperti diketahui, dalam melakukan operasi pemberantasan kejahatan jalanan menjelang Asian Games 2018, polisi diberi izin menembak mati pelaku begal.

Sejak 3 Juli, Kepolisian Daerah Metro Jaya telah menangkap 1.965 pelaku kriminalitas jalanan.

Agen Tembak Ikan Online Indonesia Terbesar


REFFERAL 1.5 UP TO 4%
ayo buruan discount besar besaran
2D: 29%
3D: 59%
4D: 66%
Untuk mendaftar


Share on Google Plus

About Toto Kita

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

LBH Meminta Polisi Hentikan Aksi Tembak Mati Begal | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita