Takjil di Indonesia dengan Nama Unik

Tiap daerah di Indonesia punya makanan yang khas dan unik. Nggak hanya dari bahannya yang unik, ada juga makanan di daerah Indonesia yang namanya unik. Disebut sebagai makanan dengan nama unik, karena memang nggak biasa disebutkan sebagai sebutan untuk makanan. Ada yang sebutannya kata kasar, merendahkan, lucu, bagian dari tubuh, dan juga nama benda. Nah, karena bulan ramadhan, makanan dengan nama unik ini rata-rata cocok juga dijadikan sebagai takjil untuk berbuka puasa. Ada pun makanan yang dimaksud adalah seperti yang disebutkan di bawah ini.

1. Memek, Bubur Khas Simulele
      Memek merupakan bubur dari Simulele, Aceh. Bahannya terdiri atas pisang, santan, garam, gula pasir, dan beras pulut. Meski dinamakan dengan nama yang vulgar bagi sebagian masyarakat Indonesia, tetapi asal usul pelekatan nama pada makanan itu tidak ada sangkut pautnya dengan alat kelamin wanita. Berdasarkan masyarakat setempat, nama itu berasal dari kata mamek yang berarti enak.


2. Kerupuk Upil Dari Cirebon
      Kerupuk ini dibuat dengan ukuran yang kecil-kecil. Karena ukurannya yang kecil itu, kerupuk ini dibilang mirip upil. Jadilah namanya kerupuk upil. Pembuatan kerupuk ini menggunakan pasir, sehingga lebih sehat bila dibandingkan sama kerupuk yang digoreng pake minyak.


3. Kue Ketawa, Asli Pematang Siantar
     Sepintas, kue ketawa terlihat seperti onde-onde. Namun, ternyata banyak perbedaannya. Kesamaannya hanya pada warna cokelat dan terdapat taburan wijennya. Kue ini punya tekstur yang keras dan mempunyai belahan di bagian tengahnya. Belahan ini mirip dengan orang tertawa. Karena itu, makanya dikasih nama kue ketawa.



4. Kue Tete, Kuliner Khas Dari Betawi
      Kue tete dibuat dengan adonan tepung yang manis. Biasanya diberi pewarna makanan hijau, putih, atau cokelat. Pinggiran dari kue ini berwarna cokelat dan renyah. Penamaan tete diberikan kepada kue ini karena bentuknya yang mirip dengan tete.


5. Kuweh Dolar, Jajanan Khas Surabaya
      Kuweh Dolar merupakan salah satu kue kering tertua yang ada di Indonesia. Kue ini sudah ada sejak tahun 1936. Bahan dasar dari kue ini adalah tepung beras, gula palem, kacang tanah bubuk, dan telur. Sekarang, kue ini dibuat dengan banyak varian, seperti cokelat, dan durian. Nama dolar disematkan pada kue ini karena bentuknya yang bundar mirip uang logam. Masyarakat jaman dulu, banyak yang menyebut uang logam sebagai uang dolar.


6. Nasi Kentut Khas Medan
      asi yang berasal dari Medan ini dimasak bersama dengan daun sembukan. Dinamakan dengan nasi kentut, karena daun sembukan yang dipakai mempunyai bau mirip kentut ketika digosok-gosokan. Di Medan, daun sembukan ini disebut dengan daun kentut . Nasi ini biasa disajikan dengan makanan pelengkap dengan porsi kecil.


7. Bajingan, Hidangan Khas Temanggung
     Bajingan merupakan camilan yang dibuat dari singkong yang direbus bersama santan dengan gula merah. Proses perebusan dilakukan hingga singkong melunak dan kuahnya mengental. Kata bajingan dilekatkan sama makanan ini akibat ungkapan dari orang yang memakannya. Orang daerah Temanggung mengekspresikan dengan sebutan bajingan karena kelezatan makanan ini, meski hanya berbahan singkong.
Share on Google Plus

About Toto Kita

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Hai Poker Mania, Yuk Join Sekarang diInempokerqq situs judi Poker Online Terbaik uang asli aman dan terpercaya
    hanya menggunakan 1 id saja anda sudah bisa bermain 7 jenis permainan yang bisa dimainkan dimana saja dan kapan saja di Poker Online Terpercaya.
    Game kami adalah :
    #Poker
    #DominoQQ
    #BandarCeme
    #CapsaSusun
    #LivePoker
    #CemeKeliling
    #Promo inempokerqq
    #Super10
    Dan Dengan 10rb Kalian Sudah Bisa Dapetin Jutaan Rupiah Lho
    - Bonus New Member 20%
    - Bonus Turnover Sebesar 0.3%
    - Bonus Turnover Harian
    - Bonus Referral sebesar 15% Seumur Hidup
    - Minimal deposit hanya 10.000
    Untuk Info Lebih Lengkap Silahkan Hubungi cs kami Agen Poker Online (Online 24Jam)

    ReplyDelete

Takjil di Indonesia dengan Nama Unik | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita