Polri memberikan imbauan kepada pemudik agar cek rumahnya sebelum berangkat


 Mabes Polri memberikan imbauan untuk para warga yang akan meninggalkan rumahnya dalam waktu lama alias mudik ke kampung halamannya. Hal itu penting dilakukan mengantisipasi adanya gangguan Ketertiban Keamanan Nasional (Kamtibnas).

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto mengimbau agar para warga khususnya yang berada di Jakarta mengecek kembali rumahnya sebelum pergi ke kampung halaman. Terlebih, pemasangan alat-alat listrik harus dimatikan sebelum pergi mudik.

"Yang pertama kalau mau berangkat, tolong dicek dulu rumahnya, air, listrik, yang tidak perlu tidak usah dinyalakan," kata Setyo  Sabtu (9/6/2018).

 Pemudik





Tak hanya itu, mantan Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri (Wakabaintelkam) ini juga menyarankan agar menitipkan kunci rumah ke tetangga terdekat jika akan mudik dalam waktu yang cukup lama."Supaya kalau ada kejadian sesuatu tidak repot," imbuhnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah keselamatan ‎selama dalam perjalanan menuju kampung halaman. Kata Setyo, apabila pemudik memilih menggunakan angkutan umum, maka pilihlah kendaraan yang laik beroperasi.

"Nah, kemudian, kalau menggunakan kendaraan pribadi, ya harus dicek kendaraan, kesehatan pemudiknya, kemudian selama dijalan perhatikan rambu lalu lintas, kalau capek jangan dipaksakan," terangnya.

Setyo juga meminta agar para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi tidak berhenti pada satu titik rest area. Sebab, hal itu bisa memicu kemacetan yang luar biasa seperti yang terjadi pada tahun sebelumnya."Kan ada rest area berikutnya kalau rest area yang satu penuh," ungkapnya.
Share on Google Plus

About Toto Kita

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Polri memberikan imbauan kepada pemudik agar cek rumahnya sebelum berangkat | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita