Menu Berbuka Puasa yang Bisa Mengembalikan Energi

Menu Berbuka Puasa yang Bisa Mengembalikan Energi-berita totokita
Meskipun menahan lapar dan haus seharian, tak jarang berat badan kita justru membengkak selama bulan puasa. Penyebabnya, seringkali kita menyantap makanan berlebihan saat sahur dan berbuka. Padahal, makanan enak belum tentu sehat dan bisa mengembalikan energi, justru bisa mengundang penyakit.

Ada beberapa makanan sehat yang direkomendasikan jadi menu buka puasa. Untungnya lagi, energimu yang hampir hilang karena seharian berpuasa bisa kembali seketika. Jadi semangat lagi, deh!

1. Oatmeal dengan irisan buah

Oatmeal dengan irisan buah bisa dijadikan salah satu menu santapan sehat saat berbuka. Kandungan protein dan seratnya cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuhmu.
Dalam 100 gram oatmeal, kamu bisa menemukan 38 kalori, 10 gram serat, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Untuk membuat oatmeal makin enak, kamu bisa menambahkan irisan buah-buahan di atasnya. Seperti strawberi yang kaya vitamin C dan pisang sebagai asupan kalori.

 2. Smoothies

 Terbiasa minum kolak sebagai takjil saat berbuka? Well, kamu bisa menggantinya dengan smoothies  buah dan sayur. Irisan buah dan sayur yang dipadu dengan yogurt segar ini bisa mengembalikan energimu seketika.
Bahkan, minuman segar ini bisa membantu menjaga kesehatan selama berpuasa. Pasalnya, vitamin C banyak ditemukan di dalam buah dan bisa membantu badan tetap fit.

3. Salad sayur dan buah
Selain mengolah buah dan sayur menjadi smoothies, kamu bisa meraciknya menjadi salad sayur dan buah. Meskipun makanan ini terlihat ringan, tapi sebenarnya cukup mengenyangkan, kok.
Bahkan, makan salad buah dan sayur sebanyak apapun tidak akan membuat perutmu terasa begah. Makanan sehat ini juga cepat mengembalikan tenaga yang hilang karena berpuasa seharian.

4. Nasi merah

Jika selama ini kamu terbiasa makan nasi putih, sebaiknya sekarang menggantinya dengan beras merah. Nasi merah mengandung zat besi yang tinggi, sehingga bisa mengembalikan energi di dalam tubuh dengan cepat.
Selain itu, beras merah juga sangat bermanfaat untuk kamu yang memiliki anemia. Kandungan zat besi di dalam beras merah bisa membantu pembentukan sel darah merah dan tidak akan membuatmu lemas saat berpuasa.

5. Es kelapa

. Minum minuman kemasan tidak dianjurkan ketika berbuka puasa. Apalagi minum minuman yang mengandung kadar gula tinggi. Sebaiknya, kamu mengonsumsi air kelapa ketika sahur dan berbuka. Kandungan elektrolit yang tinggi di dalam air kelapa muda bisa mengembalikan energi tubuh seketika.
Selain itu, elektrolit juga bisa mengganti cairan tubuh yang hilang saat sedang beraktivitas. Air kelapa juga mudah diserap oleh tubuh, sehingga bisa menghindari dehidrasi. Untuk menambah tenaga dalam waktu singkat, kamu bisa menambahkan air kelapa dengan madu. Selamat mencoba ya!
Share on Google Plus

About Toto Kita

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Menu Berbuka Puasa yang Bisa Mengembalikan Energi | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita