Hindari 5 Kegiatan ini saat Sahur, Agar Tubuh Tidak Lemas

Hindari 5 Kegiatan ini saat Sahur, Agar Tubuh Tidak Lemas-berita totokita
Ketika berpuasa, melewatkan sahur adalah hal yang paling berbahaya. Ini karena sahur adalah masa di mana kamu harus mempersiapkan tubuh untuk bisa tetap melakukan kegiatan seperti biasa. Dengan melewatkan sahur sama dengan kamu melewatkan waktu untuk mempersiapkan hari yang panjang tanpa makanan. Nyatanya beberapa orang yang tidak melewatkan sahur merasa bahwa tubuh mereka sangat lemas. Bisa jadi kamu juga salah satunya yangmelakukan 5 kesalahan ketika sahur yang membuat tubuhmu justru lemas saat kamu berpuasa :

1.  Makan terlalu banyak dalam porsi yang besar
                 Karena banyak orang berpikir bahwa berpuasa dalam waktu yang lama membutuhkan banyak makanan untuk bisa bertahan tanpa lapar, mereka cenderung makan dalam porsi yang besar. Ini justru keliru karena makan terlalu banyak justru membuat gangguan pencernaan dan rasa begah di perut yang bikin nggak nyaman.

2. Langsung tidur, saat kekenyangan
                Setelah selesai makan usahakan untuk tidak langsung tidur. Ini karena asam lambung akan dengan mudah terpicu yang nantinya juga mempengaruhi saluran pencernaan. Kalau kamu merasa ngantuk, kamu bisa menghabiskan waktu beberapa lama sebelum tidur. Intinya, jangan langsung tidur karena makanan bakal nggak sepenuhnya terproses ketika kamu tidur.



3. Meminum teh manis
               Rasanya mungkin tidak akan sempurna kalau orang Indonesia belum meminum teh manis dalam jumlah yang banyak. Berharap bisa mengurangi rasa haus, teh justru membuat rasa haus menjadi berkali-kali lipat. Selain itu, kamu malah bisa meningkatkan frekuensi buang air kecil dan membuat kamu mengalami dehidrasi.


4. Meminum air putih terlalu banyak
            Ketika mendekati imsak, meminum air putih adalah hal yang wajib untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Tapi bukan berarti kamu bisa menengguk bergelas-gelas air putih dalam sekali minum. Ini membuat kamu merasa kembung dan mengalami gangguan pencernaan loh. Kamu harus membiasakan meminum air putih secara bertahap seperti saat bangun tidur dan sebelum makan, saat sahur dan juga setelah sahur.


5. Memakan makanan manis terlalu banyak
             Berpuasa seharian penuh membutuhkan asupan karbohidrat seperti nasi merah, kentang rebus atau roti gandum. Nasi putih bisa sih menjadi alternatif lain tapi sebaiknya jangan dalam porsi yang terlalu banyak. Selain itu, kamu perlu mengurangi mengkonsumsi makanan yang manis seperti cokelat, permen atau kue. Ini membuat tubuh membutuhkan waktu yang lama untuk bisa mencerna makanan. Akibatnya tubuh menjadi lemas dan kamu pun menjadi nggak fit dalam beraktivitas.





Kesalahan-kesalahan ini mungkin seringkali diabaikan karena mereka berpikir bahwa cara mereka mempersiapkan puasa sudah benar. Padahal 5 kesalahan ini justru bisa bikin puasa kamu jadi nggak fit lagi loh. 
Share on Google Plus

About Toto Kita

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Hindari 5 Kegiatan ini saat Sahur, Agar Tubuh Tidak Lemas | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita