INILAH BEBERAPA JENIS - JENIS ANGIN DUDUK




Angin duduk atau angina adalah kondisi ketika timbul nyeri di dada akibat aliran darah yang berkurang ke otot jantung. Angina merupakan gejala dari penyakit jantung koroner dan dapat terjadi secara tiba-tiba.

Selain nyeri pada dada, gejala angin duduk yang muncul bisa berupa rasa menekan, berat, atau kencang di sekitar dada. Tidak jarang angin duduk dianggap sebagai penyakit lain yang memicu nyeri dada, seperti gangguan pencernaan.

Yang perlu diwaspadai adalah gejala angina pada wanita bisa agak berbeda, yaitu mual, sakit perut, sesak napas, dan lemas. Bahkan angin duduk pada wanita bisa terjadi tanpa disertai nyeri dada. Nyeri leher, rahang atau punggung terkadang bisa berupa rasa menusuk yang berbeda dengan rasa nyeri menekan pada umummnya.

Gejala angin duduk bisa saja dirasakan sebagai serangan jantung. Namun kondisi ini seringkali merupakan peringatan dari serangan jantung. Angina bisa segera sembuh, tapi juga dapat mengancam jiwa. Jika merasakan nyeri dada, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat.


Penyebab Di Balik Angin Duduk
Angin duduk disebabkan oleh penyumbatan aliran darah ke otot jantung akibat penumpukan lemak atau plak pada pembuluh darah jantung. Penyumbatan tersebut kemudian menghambat darah yang kaya oksigen ke jantung.

Rasa nyeri yang timbul karena kondisi ini akan memaksa jantung untuk bekerja tanpa oksigen yang cukup. Jika diiringi gumpalan bekuan darah (blood clot) di pembuluh darah jantung, kondisi ini dapat menyebabkan serangan jantung.

Jenis-jenis Angin Duduk
Terdapat beberapa jenis angin duduk, yaitu:

Angin duduk stabil


Terjadi saat jantung bekerja lebih berat dari biasanya. Misalnya, saat berolahraga. Pola dari kondisi ini umumnya teratur dan dapat diperkirakan. Bisa terjadi selama beberapa bulan hingga tahun. Diperlukan istirahat atau obat untuk mengatasi gejalanya.

Angin duduk tidak stabil

Angin duduk ini tidak memiliki pola tertentu. Gejala bahkan dapat terasa saat seseorang sedang beristirahat. Angin duduk semacam ini lebih jarang terjadi dan dianggap lebih berbahaya. Ada pula kemungkinan angin duduk tidak stabil sebagai tanda akan segera terjadi serangan jantung, dalam hitungan minggu bahkan beberapa jam kemudian.

Angin duduk varian (prinzmetal)

Angin duduk varian termasuk sangat jarang. Angin duduk ini dapat terjadi saat sedang istirahat, bahkan tanpa ada penyakit jantung koroner. Penyebabnya adalah penyempitan pembuluh darah yang abnormal sehingga mengurangi aliran darah ke jantung. Angin duduk varian dapat diatasi dengan konsumsi obat.

Proses Diagnosis Angin Duduk
Penting untuk memastikan diagnosis angin duduk karena diagnosis tersebut dapat menurunkan risiko serangan jantung. Umumnya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, lalu menanyakan gejala yang dirasakan serta riwayat kesehatan pasien dan keluarga.

Apabila mencurigai terjadi angin duduk, dokter melakukan serangkaian tes guna memastikan diagnosis. Tes-tes tersebut meliputi elektrokardiogram (EKG), tes tingkat stres, tes darah, rontgen dada, serta angiografi pembuluh darah jantung.

Cara Menangani Angin Duduk
Penanganan terhadap angin duduk atau angina, terutama untuk meredakan gejala sekaligus mengurangi risiko terjadi stroke atau serangan jantung. Sebagian kondisi angin duduk memerlukan obat sementara, namun sebagian lagi membutuhkan obat setiap hari.


Untuk mengurangi risiko stroke atau serangan jantung dari kondisi angin duduk, penggunaan obat sebaiknya diiringi dengan penerapan gaya hidup yang lebih sehat. Mulai dari lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah serta membatasi makanan yang mengandung lemak jenuh.

Bila angin duduk dianggap memiliki risiko tinggi atau tidak dapat diatasi dengan obat, dokter dapat menyarankan operasi. Jenis prosedur operasinya meliputi angioplasti untuk memperlebar pembuluh darah dan operasi bypass jantung koroner guna kembali meningkatkan suplai aliran darah ke jantung.

Share on Google Plus

About BERITATOTOKITA

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

INILAH BEBERAPA JENIS - JENIS ANGIN DUDUK | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita