Menurut Anggota DPR : Lelang Perawan Jauh Dari Peradaban Manusia

Hasil gambar untuk okky asokawati



Beritatotokita - Salah Satu anggota Komisi IX DPR RI Okky Asokawati, menilai dengan adanya lelang keperawanan serta jasa nikah siri yang sedang ditangani Polda Metro Jaya, merupakan tindakan yang jauh dari peradaban kemanusiaan.

Sebab menurutnya, perempuan menjadi obyek penderita, korban dan komoditas. “Sebenarnya, praktik nikah siri bukan terjadi saat ini. Dalam praktiknya juga muncul di tengah masyarakat termasuk cukup banyak yang ditawarkan melalui media sosial,” kata Sekretaris Dewan Pakar DPP PPP itu pada wartawan di Senayan Jakarta, Selasa (26/9).

Karena itu menurutnya, kalau aparat serius menanganu kasus yang serupa seperti jasa online nikah siri, semestinya juga ditegakkan hukum kepada siapa saja yang memang terindikasi melakukan tindak pidana dalam praktik nikah siri tersebut.

Dimana praktik nikah siri ini jika dibedah kata Okky, akan lebih banyak merugikan perempuan. Yaitu, bermuala dari tidak dipegangnya pengadministrasian calon mempelai sesuai UU No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, maka akan memberi dampak turunan yang tidak sederhana.

Seperti semakin terbukanya perempuan menikah di usia dini yang memberi dampak serius baik kepada perempuan dan anak-anak. Perempuan hamil di usia dini akan mengancam jiwa ibu dan tumbuh kembang anak. “Belum lagi persoalan gizi anak,” tegas Okky.

Untuk mengatasi kasus itu menurut Okky, kuncinya terletak pada pendidikan kepada masyarakat khususnya kaum perempuan.

“Peran pemerintah, agamawan, tokoh masyarakat, orang tua, serta kalangan perempuan sendiri harus ditanamkan dampak negatif yang muncul dari nikah siri ini. Setidaknya upaya ini untuk menjadikan posisi perempuan tidak lagi sebagai obyek penderita,” tutupnya.
Share on Google Plus

About Angel Anastasya

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Menurut Anggota DPR : Lelang Perawan Jauh Dari Peradaban Manusia | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita