Mendagri Mempertimbangkan Status Fidelis Sebagai PNS

Berita Hangat dari Totokita menyajikan berbagai macam seputar berita aktual dari berbagai sumber
Sidang Penetapan Tersangka Fidelis
Beritatotokita.info - Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan telah meminta bawahannya untuk melihat status Pegawai Negeri Sipil (PNS) Fidelis Arie. Fidelis merupakan PNS di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, yang divonis 8 bulan penjara karena menanam ganja untuk mengobati penyakit istrinya.

"Aku udah perintah ke eselon 2 untuk ngecek status hukumnya. Nanti akan ada penilaian apakah diturunkan pangkat, apakah disuruh mundur, tahapannya begitu kita," kata Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (2/8).

Meski demikian, Tjahjo memberi sinyal bakal memberi keringanan bagi Fidelis. Sebab, Fidelis yang menanam ganja guna mengobati penyakit langka Syringomyelia istrinya itu tak terbukti mengonsumsi ganja. Apalagi, tak terbukti ganja yang ditanamnya itu untuk diperjualbelikan.

"Iya saya kira (beri keringanan), kan sudah dibuktikan dia negatif dan tidak ada bukti dia menjual belikan. Jadi saya kira harus ada kebijakan," ujarnya.

Terdakwa kasus kepemilikan 39 tanaman ganja Fidelis Arie divonis 8 bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Sanggau, Kalimantan Barat. Putusan ini lebih berat dari tuntutan jaksa yang menuntut 5 bulan penjara dan denda Rp 800 juta subsider satu bulan kurungan.

Sidang dipimpin Hakim Ketua Achmad Irfir Rochman dan 2 hakim anggota Jhon Malvino Noa Wea serta Maulana Abdillah. Baik kuasa hukum Fidelis maupun Jaksa Penuntut Umum (JPU) memanfaatkan waktu sepekan untuk berpikir.

"Putusan 8 bulan penjara, denda 1 miliar dengan ketentuan apabila tidak membayar denda maka diganti dengan kurungan 1 bulan penjara," kata Achmad saat membacakan putusan, Rabu (2/8).

Majelis juga memerintahkan pengembalian barang bukti 1 motor bernomor polisi KB 3235 W milik saksi dalam kasus itu. "Dan membebankan kepada terdakwa biaya perkara sebesar Rp 2 ribu," ujar Achmad.

Sebelumnya, dalam pembacaan pertimbangan majelis hakim diwarnai perbedaan pendapat antar-hakim. Namun demikian, majelis hakim tetap harus menyimpulkan dan memutuskan perkara terkait kasus yang menyita perhatian publik itu.

Hakim Achmad sempat menanyakan sikap Fidelis terkait putusan itu. Di hadapan hakim, Fidelis menyatakan pikir-pikir. "Hak yang sama juga kami berikan kepada penuntut umum. Yang selanjutnya sidang selesai, dan sidang ditutup," ujar Achmad.


Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita Hobi dengan Game Online? Ayo, Ikuti berbagai permainan yang menarik di bawah ini dan menangkan hadiahnya!! Togel Online Terbaik SPORSTBOOK Tembak Ikan Online
Share on Google Plus

About merlina mei

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Mendagri Mempertimbangkan Status Fidelis Sebagai PNS | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita