Bos SPPBE Diperika Polda Lampung, Karena Diduga Curangi Isi Gas


Beritatotokita -  AB Direktur dan pemilik Stasiun Pengisian dan Pengangkatan Bulk Elpiji (SPPBE) PT Adi Sejahtera diperiksa Petugas Subdit I Industri, Perdagangan dan Investasi (Indagsi) Reserse Kriminal Khusus Polda Lampung.

Petugas juga memeriksa AR Manajer, serta H dan J sebagai pelaksana pengisian tabung gas, di SPPBE yang diduga mengurangi isi tabung gas, sehingga dilaporkan warga Kotabumi Selatan.

“Memang benar kita sedang memeriksa lima orang tersebut dan statusnya masih sebagai saksi. Selain itu, kita telah melakukan penyegelan terhadap SPPBE tersebut,”kata Kasubdit I Indagsi  Reskrimsus Polda Lampung, AKBP. Budiman Sulaksono, saat ditemui diruang kerjanya, pada Rabu (19/7/2017) siang.

Menurutnya, dilokasi pihaknya memeriksa  dan mengecek isi pada tabung gas seberat Kg 3 Kg. Hasilnya, isi pada setiap tabung gas elpiji ada pengurangan seberat 70 hingga 90 gram gas elpiji. “Alat pengisian gas elpiji ke tabung gas atau Unit Filling Mecine (UFM) tidak pernah diukur ulang mau pun di Kalibrasi secara berkala minimal selama enam bulan sekali,”ujarnya.

Dampaknya, lebih lanjut kata Budiman Sulaksono, sudah pasti banyak masyarakat yang dirugikan. “Sebab SPPBE tersebut telah beroperasi sejak tahun 2011 silam dan setiap harinya SPPBE itu memasarkan sebanyak 11.200 tabung gas,” terangnya.

Mengenai kronologi terungkapnya dugaan pengurangan takaran atau isi gas elpiji seberat 3 Kg, awalnya dari informasi masyarakat pada Selasa (18/7/2017) lalu. Mendapat informasi itu, pihaknya langsung mendatangi SPPBE pada sore hari, memeriksa saksi dan menyegel SPPBE.

“Bila hasil pemeriksaan terbukti, mereka bakal dijerat Pasal 62 ayat (1) jo Pasal 8 ayat (1) huruf c UU RI No.8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, ancaman hukuman 5 tahun penjara dan denda sebesar Rp 2 miliar,”ungkapnya.

Share on Google Plus

About Angel Anastasya

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Bos SPPBE Diperika Polda Lampung, Karena Diduga Curangi Isi Gas | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita