Seperti Inilah Yang Akan Terjadi Bila Perut Terasa Lapar

Seperti Inilah Yang Akan Terjadi Bila Perut Terasa Lapar

Jakarta - Rasa lapar adalah tantangan terberat ketika saat menjalankan ibadah puasa di biulan Ramadhan. Sebenarnya apa yang terjadi pada saat perut kita merasa lapar, serta apa yang akan terjadi bila tidak segera makan? Rasa lapar sebenarnya merupakan hasil dari proses yang terjadi ketika kadar gula dalam darah atau biasa yang disebut juga glukosa dalam darah mulai menipis. Pada puasa biasanya bias terjadi setelah 5 – 6 jam makan sahur, kurang lebih setelah menjelang dzuhur.

Dalam tubuh glukosa merupakan bahan bakar, jenis gula sederhana ini bisa didapatkan melalui makanan dan minuman yang mengandung manis atau gula, serta hasil dari pemecahan karbohidrat yang terdapat pada nasi ataupun ubi, ataupun pasta dan roti yang disimpan pada tubuh dalam bentuk glikogen. Pada saat kadar gula atau glukosa menurun, sistem pencernaan anak melepaskan berbagai macam hormon, termasuk insulin. Pada saat proses tersebut terjadi pemberitahuan sinyal bahwa tubuh memerlukan asupan untuk bahan bakar. Pada otak sinyal tersebut diartikan sebagai rasa lapar.

Lantas apa yang akan terjadi bila tidak cepat makan? Tenang saja, sebab tubuh tidak akan langsung kolaps ketika cadangan gula darah atau glukosa menurun. Pada saat glukosa habis, saat itu juga tubuh akan memakai lemak yang mempunyai fungsi sebagai cadangan energy.
Jangan heran bila puasa sangat bagus untuk anda yang ingin menurunkan berat badan, sebab system metabolism lemak yang berada didalam tubuh akan dipecah menjadi asam lemak untuk menggantikan glukosa sebagai bahan bakar penghasil energi. Apabila tubuh tetap tidak menerima asupan makanan, proses ini akan berlangsung berhari – hari hingga persediaan lemak habis. Ketika lemak sudah habis, yang akan dipakai sebagai bahan bahar adalah protein. Maksudnya adalah tahap ini tubuk akan mulai memakan dirinya sendiri.
Share on Google Plus

About Angel Anastasya

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Seperti Inilah Yang Akan Terjadi Bila Perut Terasa Lapar | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita