Mengerikan... Meninggal Setelah Berenang Di Pantai


Jakarta - Lima hari setelah mentato betis kanan atas, seorang pria berusia 31 tahun pergi berenang di teluk Meksiko. Namun siapa yang menyangka, hal ini berujung pada kematiannya. 

Dikutip dari menshealth.com, dua hari setelah berenang, pria yang tidak disebutkan namanya mengalami demam dan pembengkakan di kedua bagian kakinya. Ia pun segera dilarikan ke ruang gawat darurat dan pada keesokan harinya. Bekas tatonya berubah menjadi luka menganga dengan pinggiran berwarna kehitaman.

Menurut laporan dari BMJ, para dokter menyebutkan bahwa cairan yang keluar dari lukanya sudah masuk tahap mencemaskan. Pekerja lab juga mendapatkan enzim hati yang tinggi yang mengacu pada riwayat penyakit liver kronis.

Merujuk pada data tersebut, dokter menduga pria tersebut telah terinfeksi bakteri vibrio vulnificus, bakteri yang sering ditemukan berada di air laut. Vibrio Vulfinicus sering digadang-gadang sebagai penyebab beberapa penyakit seperti diare, sakit perut, dan demam. Biasanya, penyakit itu muncul setelah 24 jam terinfeksi, berdasarkan studi dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Pada awalnya, dokter mengambil tindakan dengan memberikan double regimen antibiotik. Namun keadaannya memburuk dan mengalami septic shock. Pada akhirnya, pria tersebut dinyatakan meninggal dunia oleh dokter karena komplikasi liver kronis, gagal ginjal dan nekrotik akibat luka.

Hasil pemeriksaan menunjukkan, infeksi pada tato bukan satu-satunya alasan pria tersebut meninggal dunia. Namun faktanya, perawatan setelah menato tubuh adalah hal yang sangat penting harus diperhatikan.

"Tato dibuat dengan goresan atau luka mikro pada kulit, sehingga memudahkan bakteri untuk masuk," kata Jared Jagdeo, MD, asisten profesor di Departemen Dermatologi University of California.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghindari aktivitas berenang sebelum luka tato benar-benar sembuh. Selain itu, jangan dulu mengonsumsi kerang mentah untuk terhindar dari kemungkinan terjangkit bakteri vibrio vulnificus.
Share on Google Plus

About Angel Anastasya

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Mengerikan... Meninggal Setelah Berenang Di Pantai | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita