Apa Penyebab Saat Berpuasa Kerap Mengantuk?


Apa Penyebab Saat Berpuasa Kerap Mengantuk?


Rasa kantuk saat menjalani ibadah puasa memang terkadang sulit untuk ditahan. Rasanya kelopak mata diduduki oleh benda berat yang jumlahnya bisa puluhan kilo untuk menutup mata. Namun Dokter Ulul Albab dari Ikatan Dokter Indonesia mengatakan, jika hal itu terjadi berarti disebabkan karena ada kesalahan dalam pola makan. "Itu berkaitan dengan kalori dan kalori penyokong utamanya adalah karbohidrat," katanya dalam acara kesehatan yang diselenggarakan Mayora Nutrition di Jakarta.

Ulul mengatakan, sebenarnya tak ada perbedaan berarti antara kebutuhan nutrisi disaat berpuasa dengan saat tidak berpuasa. Saat kebutuhan nutrisi tercukupi, maka tak akan ada masalah saat menjalankan ibadah puasa.

"Perbedaan hanya jam makan saja. Kalau pemenuhan kebutuhan nutrisinya mencukupi saat sahur dan pada saat berbuka puasa, maka biasanya tak akan mengalami kendala apapun, termasuk mengantuk," kata dia,

Saat sahur sebaiknya konsumsi karbohidrat yang dicerna lebih lama misalnya nasi merah, roti gandum, mie, dan pasta. Sementara saat berbuka puasa, pilihlah makanan dengan karbohidrat yang mudah diserap tubuh dan menaikkan kadar gula di dalam tubuh yang rendah karena puasa, salah satunya yaitu kurma.
Share on Google Plus

About Angel Anastasya

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Apa Penyebab Saat Berpuasa Kerap Mengantuk? | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita