Anggota DPR Dari PKS Memastikan Rekannya Sesama Politisi PKS Tidak Terkait Dengan Kelompok ISIS Ini Penjelasannya

Berita Hangat dari Totokita menyajikan berbagai macam seputar berita aktual dari berbagai sumber
Aboe Bakar Alhabsy

Beritatotokita.info - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKS Aboe Bakar Alhabsy memastikan jika rekannya sesama politisi PKS yang juga anggota DPRD Pasuruan, Jawa Timur bernama Muhammad Nadir Umar tidak terkait dengan kelompok ISIS

Umar yang sempat diamankan Densus 88 di Terminal T2 Bandara Internasional Juanda dan berstatus deportan dari Turki adalah korban dari ketidaktahuannya atas berita yang tidak benar.

"Beliau mendapat informasi bahwa untuk masuk Lebanon bisa menggunakan visa on arrival. Ternyata tidak bisa dan akhirnya yang bersangkutan dideportasi," kata Alhabsy dalam jumpa pers di Mabes Polri

Turut dihadiri juga Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar dan Kabag Penum Polri Kombes Martinus Sitompul.

"Jadi beliau ini ke Turki dan Lebanon dalam misi kemanusiaan, di berikan kepercayaan beberapa pihak untuk menyalurkan bantuan untuk pengungsi anak-anak di Turki dan Lebanon," sambungnya.

Hal ini pun dianggapnya biasa karena biasa dilalukan lembaga kemanusiaan Indonesia. Ini juga sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945 yang mengamanatkan perdamaian dunia.

"Ketika sampai Turki tidak ada kendala namun permasalahan terjadi saat masuk Lebanon karena informasi yang keliru tentang visa itu. Setelah dideportasi ke Turki, sesuai prosedur imigrasi, dia didetensi atau diamankan pihak imigrasi sampai tiket kepulangan," lanjutnya.

Jadi Umar berangkat dan pulang sesuai dengan jadwal dengan menggunakan tiket yang dibelinya sendiri. Bukan dipulangkan paksa oleh otoritas Turki atau negara lain.

"Sesuai standar deportasi maka dilakukan komunikasi antar otoritas negara. Maka di sinilah Polri melakukan penjemputan di Juanda, bukan penangkapan. Ini adalah prosedur standar," imbuhnya.

Alhabsy melihatnya jika rekannya itu adalah korban berita yang tidak benar. Apalagi Umar sempat sampai dituduh terkait dengan ISIS yang menimbulkan kerugian bagi keluarga Umar dan PKS.

"Saya melihat Polri berkali-kali meluruskan bahwa Umar tidak terkait ISIS. Saya berterimakasih atas profesionalisme Polri meluruskan hal ini. Saya juga berterimakasih Umar, menurut keluarganya, diperlakukan dengan baik," lanjutnya.

Seperti yang sempat diberitakan, selain Umar yang diamankan di Surabaya pada Sabtu (8/4), pada saat yang sama juga ada seorang lain yang dideportasi dari Malaysia ke Bandara Husein Sastra Negara di Bandung atas nama Budi Mastur. Dia aktif di LSM Forum Dakwah Nusantara (FDN).

Kedua WNI ini juga sempat masuk ke wilayah Suriah dengan menggunakan cover relawan misi kemanusiaan. Mereka merupakan relawan dari Yayasan Qouri Umah.

Rencana dana yang disalurkan oleh yayasan ini sebesar US$ 20.000 yang akan didonasikan kepada para pengungsi di Turki dan Lebanon.

Mereka berangkat pada 31 Maret 2017 melalui rute Bandung, Surabaya-Kuala Lumpur-Istanbul.

Pada tanggal 1 April 2017 sesampai di Istanbul mereka dijemput oleh perwakilan dari Qoiru Umah yang berada di Istanbul. Pada sore harinya mereka sempat mengunjungi tempat pengungsian warga Palestina di Istanbul untuk menyerahkan bantuan.

Pada tanggal 2 April 2017, mereka berangkat ke Gazianteb untuk penyaluran bantuan dan kemudian sore harinya dilanjutkan ke Kota Rayhanli yang berada di perbatasan Turki-Suriah.

Setelah selesai melakukan penyaluran bantuan kemudian menginap di kantor cabang Qoiru Umah di Rayhanli dan kemudian kembali ke Istanbul.

Pada tanggal 4 April 2017, berangkat ke Lebanon dari Istanbul dan setelah sampai di Lebanon, terkendala mengenai visa dan kemudian dikembalikan ke Istanbul. Setelah sampai di Istanbul inilah kemudian diketahui bahwa mereka telah memasuki daerah perbatasan dan kemudian diamankan oleh Imigrasi.

Pada tanggal 5 April 2017 dilakukan pemeriksaan di Istanbul dan tanggal 6 April 2017 kemudian dideportasi ke Indonesia (Bandung dan Surabaya) via Kuala Lumpur.

Saat ini Umar berada di RPSA Kemensos Bambu Apus Jakarta Timur. Rencananya Umar akan dikembalikan ke keluarganya pukul 17.50 nanti.



Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita Hobi dengan Game Online? Ayo, Ikuti berbagai permainan yang menarik di bawah ini dan menangkan hadiahnya!! Togel Online Terbaik SPORSTBOOK Tembak Ikan Online

Share on Google Plus

About merlina mei

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Anggota DPR Dari PKS Memastikan Rekannya Sesama Politisi PKS Tidak Terkait Dengan Kelompok ISIS Ini Penjelasannya | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita