Bolehkah Mengonsumsi Tempe Setiap Hari?


Beritatotokita.info, Inilah makanan asli Indonesia yang memiliki banyak kandungan gizi yang tak boleh anda lewatkan setiap hari salah satunya adalah tempe.

“Tempe merupakan sumber protein nabati karena memiliki nilai gizi dari keseluruhan. Tempe mengandung semua manfaat kesehatan dari kedelai. Uniknya semua nutrisi tidak hilang meski makanan ini di proses pengawetan, “ kata Cynthia Radnitz, PhD, professor di Fairleigh Dickinson University di New Jersey yang di lansir oleh Time, Senin 06 Febuari 2017.

Dalam sebuah studi 2015 oleh Robert Sorge, PhD, asisten professor di departemen psikologi di University of Alabama di Brimingham, Sorge dan timnya menemukan bahwa bagaimana makanan tertentu dapat mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh yang memacu paradangan dalam tubuh.

Hasilnya, tempe merupakan produk kedelai dengan jumlah isoflacon tinggi. Kandungan ini di kenal memiliki efek anti-inflamasi dan bahkan anti tumor dan juga dapat di konsumsi dalam jumlah yang banyak.

Proses fermentasi kedelai membuat tempe menjadi istimewa, kada Sorge. Menurut tesis yang mempelajari tempe, tempe menyediakan 2,5 kali zat besi di bandingkan makanan fermentasi lainnya.


Tetapi sebuah study di Malaysia menemukan bahwa tempe hanya memiliki setengah isoflavon jika digoreng. Begitu juga dengan temuan Frederic Leroy dari kelompok penelitian Mikrobiologi Industri dan Bioteknologi makanan di Belgia, menyimpulkan bahwa tidak ada bukti yang cukup untuk membuktikan bahwa tempe bermanfaat di konsumsi setiap hari. Namun jika di konsumsi untuk beberapa kali dalam seminggu tidak bermasalah. 
Share on Google Plus

About Levita Anastasya

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Bolehkah Mengonsumsi Tempe Setiap Hari? | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita