Rakyat, "Apa ? Setelah merugikan negara 7 Triliun, KPK ingin hentikan penyelidikan kasus Bank Century."


Setelah mendengar isu bahwa KPK ingin menghentikan penyelidikan kasus Bank Century, Komisi Pemberantasan Korupsi di minta untuk tetap melanjutkan proses hukum untuk penyelidikan kasus Bank Century dan kasus penerbitan Surat Keterangan Lunas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (SKL BLBI).

Bambang Soesatyo dulu salah satu anggota hak suara. ia berpendapat, kasus bank century tidak boleh lenyap begitu saja, dan sudah di tunggu oleh rakyat bertahun-tahun agar mendapatkan kejelasan dimana Bank century telah menggunakan uang rakyat sebagai pinjaman, yaitu sebesar 7 triliun.

“Jika benar KPK menghentikan proses hukum dua kasus itu, rasa keadilan rakyat akan marah,. Rakyat akan menilai penegak hukum ikut ambil bagian ataupun telah di suap agar menghentikan kasus ini.. Pisau hukum hanya tajam ke bawah tapi tumpul ke atas,” kata Bambang Soesatyo  di Jakarta, hari ini.

Ketua Komisi III DPR RI itu menambahkan, mengacu pada catatan penyelidikan  dua kasus itu, sangat jelas bahwa KPK tidak ada alasan tepat untuk menghentikan proses hukum Bank Century.. 



Kasus ini terletak pada dugaan korupsi penyalahgunaan kewenangan dalam pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) dan bailout Bank Century, dan masih ada sejumlah pekerjaan yang harus diselesaikan penegak hukum.

Selain itu, penegak hukum dan KPK harus melakukan perburuan aset-aset bekas kepemilikan Bank Century yang disembunyikan di luar negeri, termasuk di Swiss.  Dalam kasus ini, kerugian negara mencapai Rp6,962 triliun atau bisa di bilang mencapai 7T.

Kemudian Bambang juga memaparkan bahwa kasus SKL BLBI, masih ada sejumlah buron pengemplang BLBI yang belum berhasil ditangkap penegak hukum Indonesia.

Mereka masih bersembunyi di sejumlah negara. Setelah belasan tahun, penegak hukum baru bisa menangkap  Samadikun Hartono, pemilik eks Bank Modern. Kerugian negara sangat besar. Dari total dana BLBI Rp147,7 triliun kepada 48 bank, sebagian besar di gelapkan sehingga negara rugi Rp138,4 triliun atau 95,878 persen.

“Berdasarkan catatan dan data historis itu, sulit diterima akal sehat jika penegak hukum menghentikan proses hukum kedua kasus ini,” kata Bambang. 

“Karena itu, Komisi III DPR akan meminta penjelasan dari KPK perihal dasar hukum  yang digunakan untuk menutup kedua kasus besar itu,” tambah Bambang. 


Share on Google Plus

About Any Huang

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Rakyat, "Apa ? Setelah merugikan negara 7 Triliun, KPK ingin hentikan penyelidikan kasus Bank Century." | Berita Hangat Totokita - Berita Hangat Totokita